Piala AFC U19

Setelah Indonesia, Ini Negara di Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Perempat Piala AFC U-19

TIM Nasional Indonesia U-19 menjadi negara di Asia Tenggara yang memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018.

Setelah Indonesia, Ini Negara di Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Perempat Piala AFC U-19
the-afc.com
Piala AFC U-19 2018 

TIM Nasional Indonesia U-19 menjadi negara di Asia Tenggara yang memastikan diri lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018.

Hal itu terjadi setelah skuat Garuda Muda menekuk Uni Emirat Arab 1-0 di laga pamungkas penyisihan Grup A, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (24/10/2018) malam.

Indonesia lolos sebagai runner up Grup A, mendampingi Qatar selaku jawara grup, untuk berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 di Polandia, tahun depan.

Baca: Timnas U19 Jalani Laga Hidup Mati, Indra Sjafri: Jangan Jadi Bangsa yang Kalah Sebelum Bertanding

Indonesia akan melawan Jepang selaku juara Grup B di laga perempat final, Minggu (28/10/2018) mendatang.

Setelah Indonesia, negara lain di Asian Tenggara yang berpeluang lolos ke perempat final adalah Malaysia dan Thailand.

Malaysia yang kini menghuni peringkat ketiga Grup D dengan koleksi satu poin, masih berpeluang menjadi runner up, menemani Arab Saudi sebagai jawara grup yang mengoleksi enam poin.

Baca: Fakhri Husaini Sebut Penunjukan Bima Sakti Sebagai Pelatih Timnas Perjudian Luar Biasa PSSI

Peluang Malaysia lolos ke perempat final masih sangat besar, karena akan menghadapi Tiongkok di laga terakhir penyisihan Grup D. Tiongkok menjadi juru kunci grup karena belum pernah menang di dua laga.

Jika ingin lolos ke perempat final, Malaysia harus mengalahkan Tiongkok dengan memasukkan lebih dari dua gol, dengan catatan Tajikistan yang kini menghuni peringkat dua klasemen sementara Grup D, kalah dari Arab Saudi.

Pelatih Timnas Malaysia U-19 Bojan Hodak mengatakan, skuat asuhannya sering melakukan kesalahan saat laga melawan Tajikistan yang berakhir imbang 2-2.

Baca: Buruh Eskpedisi Tewas Tertimpa Saat Turunkan Alat Kesehatan di RSUD Budi Asih

"Saya pikir secara taktis kami bermain sangat baik, dan kami tahu apa yang harus dilakukan, tapi sayangnya kami membuat kesalahan kekanak-kanakan," katanya, dikutip dari laman the-afc.com.

Selain Indonesia dan Malaysia, negara Asia Tenggara lainnya yang berkompetisi di Piala AFC U-19 tahun ini adalah Thailand dan Vietnam.

Peluang Thailand lolos ke perempat final juga masih terbuka, meski menjadi juru kunci Grup B dengan koleksi satu poin, dan akan menghadapi Korea Utara di laga pamungkas penyisihan Grup B sore ini.

Nasib Vietnam lebih nahas lagi. Mereka juga menjadi juru kunci Grup C dengan nilai nol, karena tidak pernah menang di dua laga sebelumnya. Vietnam akan menghadapi Korea Selatan di laga terakhir penyisihan Grup C, malam ini. (*)

Penulis: Yaspen Martinus
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved