Bulan Depan Polisi Uji Coba Tilang Elektronik

Lebih lanjut dia mengatakan, wacana penerapan ini kembali muncul guna kembali mencari cara mengurangi kemacetan di ibu kota.

Bulan Depan Polisi Uji Coba Tilang Elektronik
Warta Kota/Henry Lopulalan
Polisi lalu lintas menghadang pengendara sepeda motor yang menerobos jalan layang non tol (JLNT) Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018). 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, akan mencoba penerapan sistem tilang elektronik (e-Tilang) di ibu kota.

"Rencana memang kita kemarin, tanggal 22 September kita launching. Tapi, karena ada beberapa kegiatan Asian Games dan sebagainya, jadi kita undur lagi. Kemungkinan besar paling lambat, Oktober harus bisa laksanakan ini," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf saat dikonfirmasi, Jumat (14/9/2018).

Seperti biasa, uji coba juga dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian, pihaknya akan mengevaluasi kekurangan dan kemungkinan penerapan kebijakan tersebut.

Baca: Anies Baswedan Janji Sisihkan Anggaran untuk Perawatan Venue Asian Games 2018

"Kita Oktober uji coba sambil sosialisasi. Satu bulan kemudian penerapan penegakan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, wacana penerapan ini kembali muncul guna kembali mencari cara mengurangi kemacetan di ibu kota. Bila penerapan jadi dilakukan, masyarakat juga diimbau bisa lebih taat kepada peraturan lalu lintas.

Penerapan sistem tersebut dilakukan secara bertahap. Jalan Sudirman-MH Thamrin yang akan dicoba jadi percontohan.

"Memang tadi kita susah koordinasi dengan Dishub juga. Jadi, kalau memang target kita Sudirman dan Thamrin dulu, kita protokol dulu. Seperti waktu kita melaksanakan ganjil genap, kan Sudirman-Thamrin dulu, protokol dulu. Ini terpantau oleh semua kalangan, semua lapisan masyarakat," paparnya. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help