PPDB 2018

Lolos PPDB tetapi Tidak Lapor Diri, Dianggap Mengundurkan Diri

"Lapor diri minggu ini khusus siswa yang lolos Tahap Kedua. Yang lolos Tahap Pertama tidak bisa karena sudah dianggap mengundurkan diri."

Lolos PPDB tetapi Tidak Lapor Diri, Dianggap Mengundurkan Diri
Istimewa
ILUSTRASI PPDB 

PENGUMUMAN Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) Tahap Kedua Jalur Umum tingkat Sekolah Dasar (SD) akan diterbitkan pada hari ini, Kamis (7/6/2018) pukul 15.00 WIB. Selanjutnya, seluruh calon peserta didik baru yang lolos seleksi diwajibkan untuk melaporkan diri di sekolah tujuan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Bowo Irianto sesuai prosedur dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 466 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018. Apabila tidak dipenuhi, siswa dinyatakan mengundurkan diri.

"Tahapannya setelah pendaftaran dan seleksi itu pengumuman, lewat online atau di sekolah tujuan. Mereka yang terdaftar masuk harus lapor diri ke sekolah tujuan mulai dari tanggal 8 dan 9 Juni mulai dari jam 08.00 WIB sampai 14.00 WIB di sekolah tujuan," ungkapnya dihubungi pada Kamis (7/6/2018).

Dalam lapor diri, dijelaskannya, orangtua diwajibkan membawa berkas anak, antara lain memiliki Akte Kelahiran atau surat keterangan laporan kelahiran dari kelurahan, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua serta Sertifikat Imunisasi.

Selain itu, orangtua diwajibkan mengisi serta menandatangani formulir sesuai data diri anak. Formulir tersebut kemudian diverifikasi pihak sekolah dan diposting ke dalam database Dinas Pendidikan DKI Jakarta guna mencetak tanda bukti lapor diri siswa.

"Lapor diri minggu ini khusus siswa yang lolos Tahap Kedua, siswa yang lolos Tahap Pertama tidak bisa (lapor diri) karena sudah dianggap mengundurkan diri. Kalau mau mendaftar lagi nanti Tahap Ketiga Jalur Umum-habis Lebaran, tanggal 25 Juni. Tahapannya sama, pendaftaran, seleksi, pengumuman dan lapor diri," jelasnya.

Usai proses lapor diri Tahap Ketiga, pihaknya akan mencatat jumlah bangku kosong pada setiap sekolah. Apabila masih tersedia, Tahap Keempat katanya akan dibuka lewat online ataupun sekolah tujuan.

"Setelah semua terisi, MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dimulai bareng tanggal 13-14 Juli dan hari pertama masuk sekolah tanggal 16 Juli (2018)," tutupnya. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help