Erupsi Merapi

Gunung Merapi Meletus Jumat Pagi, Warga Diimbau Waspadai Hujan Abu

BPPTKG Yogyakarta menyatakan, telah terjadi letusan di Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Jumat pukul 08.20 WIB dengan durasi 2 menit.

Gunung Merapi Meletus Jumat Pagi, Warga Diimbau Waspadai Hujan Abu
Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko
Melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kawasan New Selo, Boyolali, Jawa Tengah. 

BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan, telah terjadi letusan di Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Jumat pagi pukul 08.20 WIB dengan durasi 2 menit.

"Terjadi letusan di Merapi pagi ini jam 08.20 WIB durasi 2 menit. Tinggi kolom 6.000 meter arah Barat Laut teramati dari PGM Jrakah," tulis akun twitter resmi BPPTKG dikutip di Yogyakarta, Jumat (1/6/2018).

Berdasarkan rekaman seismograf, BPPTKG mencatat erupsi tersebut memiliki amplitodo maksimum 77 mm.

Melalui akun twitternya, BPPTKG memberikan imbauan kepada warga di kawasan lereng Gunung Merapi agar waspada terhadap hujan abu serta selalu mengenakan alat pelindung diri seperti masker, jaket saat sedang berada di luar rumah.

Baca: Tiga Hari Terakhir Gunung Merapi Kalem, Status Waspada Berpotensi Diturunkan

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Wahyu Pristiawan membenarkan peristiwa tersebut.

Berdasarkan laporan tim di lapangan hingga saat ini belum ada pergerakan masyarakat di lereng Merapi untuk turun ke kawasan yang dianggap lebih aman.

"Warga banyak keluar rumah karena mendengar suara gemuruh agak lama tetapi masih belum ada pergerakan masyarakat turun," kata Pristiawan.

Terhadap peristiwa itu, ia berharap masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti arahan dari petugas terkait.

"Aktivitas di luar rumah sebaiknya menggunakan masker untuk melindungi pernafasan dan pengguna softlens dilepas," kata dia. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help