Nikotin Hanya Kalah dari Putau dan Kokain, Ketergantungan Rokok Sama dengan Kecanduan Narkoba

Puasa dapat menjadi momentum spiritual setiap individu untuk menghentikan ketergantungan terhadap rokok

Nikotin Hanya Kalah dari Putau dan Kokain, Ketergantungan Rokok Sama dengan Kecanduan Narkoba
Kompas.com
Ilustrasi 

DIREKTUR Eksekutif Indonesia Neuroscience Institute dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKj mengatakan, ketergantungan rokok sama dengan ketergantungan narkoba.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam diskusi publik yang digelar oleh Komite Nasional Penanggulangan Tembakau, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).

"Nikotin addiction atau kecanduan rokok itu sama saja dengan kecanduan narkoba," ucapnya dalam diskusi yang berjudul 'Rokok dan Puasa, Murahnya Harga Rokok.'

Baca: Agum Gumelar Usul Paspor Warga Indonesia yang Pulang dari Wilayah ISIS Dicabut

Menurut ahli dokter jiwa di RSJ Soeharto Heerdjan tersebut, nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki tingkat kecanduan nomor tiga setelah putau dan kokain.

"Zat nikotin itu derajat ketergantungannya nomor tiga dibanding zat adiksi lain, nikotin hanya kalah dari putau dan kokain," jelasnya.

Karena memiliki tingkat ketergantungan yang cukup tinggi, dia mengatakan perlu niat yang tinggi bagi seseorang pecandu rokok untuk berhenti merokok, dan puasa dapat menjadi momentum spiritual setiap individu untuk menghentikan ketergantungan terhadap rokok. (Chaerul Umam)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help