Breaking News:

Layanan SIAP QRIS

Bank Indonesia Mempermudah Masyarakat saat Belanja di Pasar Tradisional Lewat Layanan SIAP QRIS

Berbagai kemudahan terus diberikan oleh Bank Indonesia kepada masyarakat, salah satunya saat belanja di pasar tradisional lewat layanan SIAP QRIS.

Warta Kota/Fitriandi Fajar
Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjonarko usai peluncuran SIAP QRIS dan JakOne Abank milik Bank DKI di Pasar Santa, Jakarta Selatan pada Kamis (25/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyatakan, Slayanan IAP QRIS merupakan program pemerintah pusat, antara Kementerian Perdagangan dengan BI.

Kedua lembaga pemerintah ini ingin terus memperluas dan memfasilitasi penggunaan QRIS di seluruh pasar-pasar di Indonesia.

Karena itu, ia senang Bank DKI dan Pemprov DKI Jakarta mendukung peluncuran SIAP QRIS di pasar-pasar tradisional.

Baca juga: DPRD Kabupaten Bekasi Minta Pemkab Bekasi Segera Bangun Gedung Mall Pelayanan Publik Sendiri

Soalnya dapat memfasilitasi para pelaku UMKM, khususnya di pasar tradisional dengan menerapkan digitalisasi keuangan atau pembayaran dalam setiap transaksinya.

“Ini dilakukan dalam rangka memfasilitasi UMKM, khususnya yang ada di pasar tradisional, karena di era pandemi ini kita harus jaga protokol kesehatan. Jadi kalau bisa, transaksinya tidak kontak, tapi berjarak,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Onny Widjonarko usai peluncuran SIAP QRIS dan JakOne Abank milik Bank DKI di Pasar Santa, Jakarta Selatan pada Kamis (25/11/2021).

Onny mengungkapkan, sasaran dari program SIAP QRIS ini adalah pasar tradisional, sebab di sini masih ada transaksi yang menggunakan duit tunai.

Dengan beralihnya transaksi dengan nontunai atau cashless melalui SIAP QRIS, tidak hanya membantu pencegahan penularan Covid-19, tetapi juga membantu para pedagang pasar belajar menyusun laporan keuangannya.

Baca juga: Ika Indah Yarti tak Berani Jamin Gubernur Jabar Menyetujui tuntutan Buruh Kota Bekasi Soal UMK

“SIAP QRIS akan membantu para pedagang pasar untuk belajar menyusun laporan keuangan, karena semua tercatat. Kepraktisannya tidak perlu kembalian, uangnya masuk langsung ke rekening. Istilahnya cemumuah (cepat, mudah, murah, aman dan handal),” jelasnya.

Menurut Onny, QRIS harus diperluas karena memang satu-satunya cara untuk mempermudah pelaku UMKM masuk ke dunia digital.

Sekaligus, kata dia, mendapatkan akses keuangan, yaitu melalui transaksi pembayaran.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved