Berita Regional

Kunjungi Lampung, Zulkifli Hasan Kabur saat Ditanya soal Titip Keponakan Masuk Kedokteran Unila

Editor: Feryanto Hadi
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berlari saat dimintai keterangan prihal namanya yang disebut dalam perkara kasus suap mantan Rektor Unila Karomani. Zulkifli Hasan menghindar ditanya soal titip keponakan masuk kedokteran Unila

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tersandung isu tak sedap.

Nama Zulkifli Hasan masuk sebagai salah satu pejabat yang menitipkan kerabatnya di Universitas Lampung (Unila)

Meski demikian, Zulkifli terus menghindari pertanyaan wartawan saat dimintai keterangan perihal namanya disebut dalam sidang kasus suap penerimaan mahasiswa baru  dimana mantan Rektor Unila Karomani hadir sebagai saksi persidangan terdakwa Andi Desfiandi.

Pertanyaan itu dilayangkan kepada Mendag Zulkifli Hasan saat kunjungan kerjanya di Pesawaran, Provinsi Lampung, Kamis (1/12/2022).

Zulkifli Hasan hanya mendengar pertanyaan tersebut sembari berjalan ke arah kendaraannya.

Saat wartawan terus melayangkan pertanyaan berulang, Zulkifli Hasan mempercepat langkah kakinya, dan kemudian masuk ke dalam kendaraannya.

Baca juga: Nama Zulkifli Hasan Hingga Politisi PDI Perjuangan Terseret Kasus Suap Unila, Ini Tanggapan KPK

Saat sudah tiba di kendaraannya, sejumlah ajudan Zulkifli Hasan ikut terlibat menghalangi wartawan untuk mendapat keterangan dari menteri perdagangan.

Dalam keterangan sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sempat juga membantah menitipkan keponakan untuk masuk di Fakultas Kedokteran Unila tahun 2022.

"Tidak punya ponakan nama tersebut, juga tidak ada ponakan yang daftar unila, apalagi kasih uang, tidak kenal Prof Karomani," Zulkifli Hasan terpisah.

Kendati demikian, fakta persidangan memperlihatkan bukti percakapan antara Andi Desfian dan Zulkifki Hasan.

Bukti tersebut ditunjukkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pemeriksaan saksi, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Zulkifli Hasan Ibaratkan PAN Sebagai Jepang yang Mampu Kalahkan Jerman di Piala Dunia

Nama Mendag Zulkifli Hasan disebut  secara lisan oleh Rektor nonaktif Unila Karomani, dalam persidangan kasus suap penerimaan mahasiswa baru Unila dengan terdakwa Andi Desfiandi.

Zulkifli Hasan disebut Karomani ikut serta dalam menitipkan satu orang untuk diloloskan menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila.

Diduga, orang yang diluluskan itu adalah keponakan dari Zulkifli Hasan.

Halaman
123