Banjir Jakarta

16 RT dan Tujuh Ruas Jalan di DKI Diterjang Banjir

Penulis: Nuri Yatul Hikmah
Editor: Budi Sam Law Malau
Banjir di Jalan Strategi Raya, Jakarta Barat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji menuturkan akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta, sedikitnya ada 16 RT dan tujuh ruas jalan yang diterjang banjir hingga Selasa (4/10/2022) sore pukul 16.00.

Sampai kini kata Isnawa pihaknya memonitor kondisi genangan banjir di sejumlah titik di Jakarta tersebut dan diharapkan agar segera surut.

Monitoring genangan banjir ujarnya dilakukan di Ruang Command Center Bencana, Kantor BPBD DKI Jakarta di Jalan Kyai Haji Zainul Arifin, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

"BPBD DKI Jakarta mencatat, hingga pukul 16.00 WIB, terdapat 16 RT dan tujuh ruas jalan yang tergenang. Jika dipersenkan, hanya sebanyak 0,053 persen dari 30.470 RT se-DKI Jakarta yang tergenang banjir," kata Isnawa.

Tinggi genangan bervariasi dan rata-rata sekitar 40 cm.

Adapun wilayah DKI Jakarta yang tergenang banjir akibat hujan deras hari ini, di antaranya Pisangan Timur, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur; kawasan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan; di Jalan Administrasi II, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat; Jalan Strategi Raya, Jakarta Barat; Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan dan kawasan Jalan Kemang Raya.

Baca juga: Diguyur Hujan 2 Jam, Jalan Fatmawati Banjir Hingga Buat Motor Mobil Mogok

Isnawa mengatakan untuk mengatasi banjir sebanyak 267 anggota tim reaksi cepat (TRC) di seluruh wilayah DKI Jakarta diterjunkan untuk memastikan penanganan.

Selain itu, kata dia BPBD DKI Jakarta juga mengkoordinasikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait untuk turut membantu penanganan genangan air di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Diguyur Hujan, Pemukiman Warga di Kunciran Tangerang Tergenang Banjir Setengah Meter  

Yakni melakukan penyedotan dan memastikan tali-tali air tidak tersumbat tetapi berfungsi dengan baik.

"Layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112 siap sedia melayani masyarakat yang mengalami keadaan darurat akibat hujan deras yang melanda Jakarta hari ini," ujar Iswana.(m40)