Bisnis

Jadi Bahan Makanan Pokok di Indonesia, Simak Tips Bisnis Beras Eceran yang Menguntungkan

Editor: Mochamad Dipa Anggara
Ilustrasi beras.

WARTAKOTALIVE.COM - Beras menjadi bahan pokok utama yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Keberadaan beras di Indonesia sangat melimpah dan beragam.

Beras sebagai sumber bahan makanan pokok selalu dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko termasuk warung-warung kecil.

Bagi Anda yang ingin menjadi agen beras, di bawah ini terdapat beberapa tips bisnis beras eceran yang menghasilkan keuntungan melimpah. Penasaran apa saja tipsnya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari keterangan resmi Bukalapak yang diterima Wartakotalive.com, Kamis (1/9/2022). 

1. Menentukan target bisnis
Saat berjualan, berbisnis, atau menjadi agen, Anda harus mengetahui target bisnis Anda. kebutuhan rumah tangga kebanyakan mengandalkan nasi sebagai bahan makanan pokok yang kaya akan karbohidrat.

Beras menjadi bahan makanan pokok yang selalu dicari setiap hari dan selalu memiliki minat yang banyak.

Pastikan di tempat Anda menjalankan bisnis, ada target bisnis Anda yang berpotensi membeli beras di tempat Anda.

Misalnya seperti warung makan nasi padang, ayam geprek, atau warung makanan lainnya yang pastinya selalu membutuhkan beras untuk bahan utamanya.

2. Gudang penyimpanan stok Beras
Saat menjadi agen beras, Anda tentunya membutuhkan gudang penyimpanan untuk menyimpan stok beras.

Gudang penyimpanan juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian, namun gudang penyimpanan juga harus memperhatikan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut misalnya aman dari hama, kelembaban, dan juga kebocoran.

Anda harus menyediakan gudang penyimpanan stok beras dengan baik agar beras yang disimpan tetap memiliki kualitas yang baik, tidak mudah rusak, dan juga tidak mudah terkena hama seperti tikus. Jadi, tentunya harus selalu dijaga juga kebersihan gudangnya.

3. Menyediakan jenis yang beragam
Beras ada banyak jenisnya, dan setiap orang juga memiliki kriteria beras tersendiri yang biasa dikonsumsi. Biasanya kriteria yang dipilih dapat dari beberapa faktor seperti warna, aroma, tekstur hasil nasi, dan juga rasa nasi yang dihasilkan.

Untuk menjangkau lebih banyak konsumen, sebaiknya Anda menyediakan jenis beras yang beragam. Dengan begitu, beras di tempat Anda akan lebih cepat laku.

4. Mengatur tata letak lokasi bisnis
Beras yang dapat terlihat oleh konsumen menjadi faktor yang penting dalam menampilkan berbagai jenis beras yang dijual. Jika Anda tidak bisa mengatur tata letak agar semua jenis beras dapat terlihat, maka konsumen akan beranggapan bahwa agen beras Anda kurang lengkap.

Anda bisa mengatur letak posisi dengan menggunakan rak beras 3 baris dengan posisi yang di bagian belakang lebih tinggi. Hal ini dilakukan supaya beras yang disimpan di bagian belakang tetap dapat terlihat oleh konsumen.

Halaman
12