Puasa Dzulhijjah

ACT Gelar Pertandingan Mini Soccer, Sambut 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Budi Sam Law Malau
Organisasi kemanusiaan, Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar pertandingan Liga 10 sebagai tanda memasuki 10 hari awal Dzulhijjah, di lapangan F7 Mini Soccer, Cilandak, Jakarta Selatan pada Rabu (29/6/2022).

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Organisasi kemanusiaan, Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar pertandingan Liga 10 mini soccer di 10 hari pertama Dzulhijjah.

Pertandingan ini digelar sebagai tanda memasuki 10 hari awal Dzulhijjah, bulan yang mulia bagi umat Islam.

Karena banyak ibadah yang hanya dapat dilakukan di bulan Dzulhijjah seperti haji, puasa arafah dan tarwiyah, serta menyembelih kurban. 

Presiden Global Qurban-ACT Mukhti mengatakan pertandingan ini merupakan liga kebaikan. Harapannya kata dia umat Islam bisa berlomba-lomba mencari keberkahan.

Sebagai tanda dimulainya pertandingan, Global Qurban melakukan Kick-Off Liga 10 Hari Awal Dzulhijjah dengan menendang bola ke arah gawang di lapangan F7 Mini Soccer, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

“Selama 10 hari pertama ini kita melakukan ibadah seperti dzikir, puasa, bersedekah, memperbanyak salat malam dan banyak amalan kebaikan lainnya. Puncak kebaikan di 10 hari itu adalah ibadah kurban, makanya kudu kurban,” kata Mukhti dalam keterangannya, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Kompetisi Antar Pemuda Muslim, MOSTLYM Mini Soccer Premier League Digelar

Menurutnya, para ulama berpendapat bahwa 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah waktu yang dimaksud oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Fajr ayat 2.

Di dalam 10 hari itu, banyak ibadah yang dianjurkan dan dapat mendatangkan pahala bagi umat Islam yang melakukannya. 

Pahala yang dapat dipetik di antaranya keberkahan umur, dilimpahkan harta, terjaganya keluarga, dihapuskannya dosa, dimudahkan saat menghadapi kematian atau sakaratul maut.

Baca juga: Ratusan Lawyer dan Kurator Ikuti Ajang Turnament Mini Soccer AKPI Cup 2021

Juga penerang dalam kubur, memperberat dalam timbangan amal, selamat ketika di padang mahsyar, dan dinaikan derajatnya baik di dunia maupun di akhirat.

“Setelah melakukan Kick-Off, kami juga kajian Islam dengan para dai selama 10 hari dan memberikan diskon harga kurban di tanggal 8 Juli 2022,” ucapnya.

Baca juga: ACT Gelar Acara Kemanusiaan Virtual Selama 24 Jam Selama Bulan Suci Ramadan

Sementara itu tokoh publik Cupink Topan yang turut hadir dalam Kick-Off Liga 10 Hari Awal Dzulhijjah mengatakan, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang penuh dengan pahala. Karena itu sebagai muslim, jangan sampai menyia-nyiakan waktu tersebut. 

“Kami dukung kegiatan ini, mari berlomba membuat kebaikan lebih banyak di 10 hari awal bulan Dzulhijjah ini, juga jangan lupa berkurban,” jelasnya. (faf)