lifestyle

Bedakan gejala gangguan saluran cerna karena alergi atau Gangguan Biasa dengan Allergy-Tummy Checker

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Lilis Setyaningsih
Seminar digital yang dihelat Danone Specialized Nutrition Indonesia dengan tema 'Gejala Alergi Saluran Cerna VS Gangguan Saluran Cerna Fungsional: Cara Membedakannya', pekan lalu.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Angka kejadian alergi makanan pada anak di Indonesia khususnya alergi susu sapi (ASS) terus meningkat. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat angka kejadian ASS 2-7,5 persen dengan kasus tertinggi terjadi pada usia awal kehidupan si kecil. 

Gejala alergi umumnya bermanifestasi pada saluran pernapasan, kulit, serta saluran cerna. 

Menurut dr. Frieda Handayani Sp.A (K), dokter spesialis anak dan konsultan Gastro Hepatologi, saluran cerna pada anak masih rentan, antara lain karena organ saluran cerna belum berfungsi sempurna, oleh karenanya saluran cerna seringkali mengalami gangguan seperti konstipasi.  

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Serat Agar Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil Optimal, Ini Manfaatnya

Baca juga: Bakat Alergi Pada Anak Diturunkan dari Ayah, Ibu dan Saudara Kandung dengan Riwayat Alergi

"Gangguan di saluran cerna menjadi gejala alergi paling tinggi terjadi dengan persentase sebanyak 50-60 persen misalnya berupa konstipasi," kata dokter Frieda dalam seminar digital yang dihelat Danone Specialized Nutrition Indonesia dengan tema 'Gejala Alergi Saluran Cerna VS Gangguan Saluran Cerna Fungsional: Cara Membedakannya', pekan lalu. 

Dokter Frieda melanjutkan, gangguan saluran cerna pada anak juga dapat merupakan manifestasi alergi, seperti alergi susu sapi. 

Pada umumnya, orangtua sulit membedakan apakah gangguan saluran cerna yang dialami anak disebabkan karena gangguan fungsional atau merupakan manifestasi alergi. 

Gangguan saluran cerna yang disebabkan karena alergi, pada umumnya juga disertai dengan gejala alergi lainnya yang terjadi pada kulit ataupun saluran pernapasan.

Baca juga: Anak Alergi Susu Sapi Bisa Digantikan dengan Susu Soya Agar Tak Kekurangan Zat Besi

Baca juga: Waspada Alergi Kacang Almond, Kenali 12 Gejalanya yang Sering Dianggap Sepele

"Penting sekali untuk dapat mengenali penyebab gangguan saluran cerna tersebut karena membutuhkan penanganan yang berbeda," katanya. 

Lebih lanjut dokter Frieda mengatakan, gangguan saluran cerna dapat menyebabkan terganggunya asupan nutrisi pada anak, sehingga bila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang si Kecil.

Halaman
123