Vaksinasi Covid19

Kelurahan Kranji Bekasi Gelar Program Vlaminggo untuk Capai Herd Immunity

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Valentino Verry
Ilistrasi - Untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19, Kelurahan Kranji di Kota Bekasi menggelarnya di malam hari dengan tajuk Vlaminggo.

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Dalam upaya mengejar herd immunity khususnya bagi warga Kranji, Kota Bekasi. Kelurahan Kranji membentuk program vaksinasi 'Vlaminggo'.

Program ini sudah mulai berjalan sejak beberapa minggu lalu.

Lurah Kranji, Kota Bekasi, Akbar Juliando menyampaikan jika program Vlaminggo merupakan kepanjangan dari Vaksin Malam Minggo (vaksin malam minggu).

Artinya kegiatan vaksinasi dilakukan saat malam minggu.

Baca juga: Gelombang Ketiga Diprediksi Terjadi Awal 2022, Pemerintah Diminta Hati-hati Turunkan Level PPKM

Keputusan Akbar, untuk membentuk program Vlaminggo didasari masih banyaknya warga yang belum bisa datang ke sentra vaksin yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bekasi dengan alasan terbentur aktivitas bekerja.

"Jadi awalnya kita koordinasikan dengan RT/RW. Ternyata banyak warga yang tidak dapat mengikuti vaksinasi pada pagi atau siang hari, serta di hari biasa karena terbentur dengan jadwal kerja," kata Akbar dikonfirmasi, Senin (18/10/2021).

Berdasarkan hasil laporan itulah, Akbar berkordinasi dengan Puskesmas setempat untuk membuat program vaksinasi untuk membantu warga yang terbentur jadwal aktivitas bekerja. Dan akhirnya terbentuklah program Vlaminggo yang saat ini sudah berjalan.

Dengan adanya program Vlaminggo, lanjut Akbar, antusias warga cukup tinggi. Dia juga menyebut siapa saja dapat memanfaatkan fasilitas Vaksin pada malam hari yang telah disediakan.

Baca juga: Anak Nia Daniaty Mengaku Masih Sakit Saat Kembali Jalani Pemeriksaan Terkait Kasus Tes CPNS Fiktif

"Alhamdullilah itu antusiasnya warga bagus, banyak yang tervaksin Covid 19. Yang pasangan silahkan, seblum jalan-jalan mungkin dia mungkin sekalian lewat atau memang sudah direncanakan," katanya.

Meskipun baru, dua kali berjalan, Akbar menyebut  sudah ratusan warga yang ikut serta dalam program vaksinasi itu. Hari pertama di RW 005 Kelurahan Kranji misalnya terdata ada 133 warga yang melakukan vaksinasi baik dosis satu dan dua.

Halaman
123