Lifestyle

Sebanyak 80 Persen Perempuan Salah Pilih Ukuran Bra, bisa Ganggu  Kesehatan Payudara

Editor: Lilis Setyaningsih
Andien Aisyah penyintas kanker payudara

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menggunakan bra sudah jadi kebiasaan sehari-hari sejak awal masa pubertas saat munculnya payudara.

Namun bukan berarti kebiasaan itu membuat, perempuan bisa tepat memilih bra yang digunakannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan bra, namun seringkali tidak disadari.

Bentuk tubuh perempuan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya kondisi fisik dan keseimbangan hormon akibat kehamilan, melahirkan, siklus menstruasi, naik turun berat badan hingga usia. 

Padahal perubahan tersebut menentukan pilihan pakaian yang digunakan agar nyaman, salah satunya pakaian dalam seperti bra.

Wanda Hamidah salah satu penyintas kanker payudara (istimewa/Uniqlo)

Hasil penelitian menunjukan 80 persen perempuan salah dalam memilih jenis dan ukuran bra. 

Meskipun terlihat sepele, hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan tubuh dan payudara seperti terasa sesak dan tidak nyaman, iritasi pada kulit dan luka akibat kawat, dan sebagainya. 

Ukuran yang tidak pas juga bisa membuat berbagai masalah lain seperti sakit punggung akibat bra yang kebesaran sehingga tidak menopang dengan baik.

Baca juga: Biopsi Bukan Penyebab Terjadinya Kanker Payudara, ini Penjelasan Ahli Mengapa ada Anggapan itu

Baca juga: Deteksi Kanker Payudara dengan Sadari dilakukan Rutin Tiap Selesai Haid, kapan yang Menopause?

Sebaliknya, hasil penelitian Dr. Michael Schachter, MD of the Schachter Center for Complementary Medicine mengatakan jika ukuran bra yang digunakan terlalu kecil akan terjadi penekanan aliran di saluran kelenjar getah bening dari payudara ke ketiak.

Menyadari pentingnya pemilihan bra untuk kesehatan perempuan terutama payudara sebagai bagian penting dari tubuh, Uniqlo mengembangkan teknologi dalam pembuatan bra dengan cup yang dapat menyesuaikan dengan perubahan bentuk tubuh dan desain wireless yang membuat penggunanya merasa bebas bergerak aktif dan nyaman.

Halaman
12