Berita Jakarta

PT JakLingko Akan Berikan Subsidi Lansia Penumpang MRT, LRT, Transjakarta dan KAI Commuter

Penulis: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Feryanto Hadi
Suasana sejumlah penumpang saat menjajal moda transportasi massal integarasi di Stasiun Bundarah HI pada Senin (4/10/2021), siang

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Pemerintah Indonesia melalui PT JakLingko Indonesia berupaya memberikan subsidi untuk penumpang lansia yang menggunakan moda transportasi massal di DKI Jakarta seperti MRT, LRT, Transjakarta dan KAI Commuter. 

Menurut Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin, para pengguna moda transportasi massal yang telah terintegrasi dengan sistem JakLingko Indonesia akan mendapat subsidi apabila susuai dengan kriteria khusus yang telah ditentukan. 

"Akan dilakukan oleh sistem JakLingko secara daring melalui verfikasi NIK, nama, tanggal lahir kemudian juga scan KTP dan kartu keluarganya dimasukkan melalui aplikasi dan dilakukan verifikasi secara sistem online kemudian diberikan konfirmasi apakah sudah memenuhi syarat untuk profil khusus tersebut atau tidak," jelas Kamaludiin di Jakarta pada Senin (4/10/2021), siang. 

Baca juga: Ajang Balap Formula E Dipangkas dari 5 jadi 3 Tahun, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Perihal apakah tarif subsisi ini hanya berlaku untuk warga DKI dan warga luar DKI, Kamaluddin menyerahkan urusan tersebut ke Tim Integrasi Tarif JakLingko.

Ia menyebut, peraturan terkait warga mana saja yang berhak menerima subsidi masih dibicarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

"Apakah ini bisa diterapkan untuk warga mana saja tentunya ini kami serahkan kepada Tim Tarif Integrasi JakLingko," jelas Kamaluddin. 

Pada kesempatan tersebut, Kamaluddin mengatakan, proyek kolaborasi dari empat moda transportasi massal di DKI Jakarta ini merupakan kegiatan yang menguntungkan semua pihak. Baik dari sisi penumpang, operator, dan pemerintah. 

"Satu kolaborasi yang menguntungkan semua pihak baik dari sisi penumpangnya maupun dari sisi operator. Kemudian dari sisi pemerintah dalam memberikan kebijakan yang tetap sasaran bagi para penumpang," pungkas Kamaluddin 

Baca juga: Mayat Mengambang di Kali Cengkareng, Polisi Amankan 8 Orang Yang Diduga Pelaku Pengeroyokan

Baca juga: Anies Bersurat ke Bloomberg Tuai Polemik, Wagub DKI: Bukan untuk Minta Dana, tapi Kampanye Antirokok

Aplikasi JakLingko diunduh 2 juta kali

Di sisi lain, PT JakLinko Indonesia melakukan perluasan uji coba aplikasi dan kartu JakLingko pada Senin (4/10/2021).

Halaman
12