Berita Jakarta

Anies Bersurat ke Bloomberg Tuai Polemik, Wagub DKI: Bukan untuk Minta Dana, tapi Kampanye Antirokok

Penulis: Yolanda Putri Dewanti
Editor: Feryanto Hadi
Anies Baswedan

WARTAKOTALIVE.COMĀ GAMBIR -- Beredar surat Anies Baswedan, menyurati filantropis asal Amerika Serikat (AS), Michael Rubens Bloomberg.

Surat yang tertanggal 4 Juli 2019 itu diunggah oleh akun Twitter @rokok_indonesia. Akun tersebut menuding Anies meminta jatah dana untuk melakukan kampanye antirokok di Ibu Kota.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah mengirim surat kerja sama kampanye anti-rokok kepada Michael R Bloomberg, pemilik Filantropi Bloomberg.

Baca juga: Nasib Interpelasi Formula E Terkatung-katung, Bamus DPRD DKI Belum Agendakan Rapat Lanjutan

Baca juga: Dugaan Penipuan CPNS Bodong Anak Nia Daniaty, Rekaman Suara Anies Baswedan Sempat Diputar

"Ya betul, ini suratnya," ucap Ariza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (4/10/2021) malam.

Dalam surat tersebut menyebutkan Anies senang bisa bergabung dengan program Bloomberg Philanthropies untuk menjadi kota yang mengampanyekan anti-rokok.

"Berkat Bloomberg Philanthropies, Jakarta telah bergabung dalam kemitraan kota sehat dengan 54 kota lainnya tahun 2017," ucapnya.

Lanjutnya, Ariza membantah terkait isu di media sosial yang menyebutkan bahwa surat Anies merupakan bentuk permintaan dana kepada Bloomberg atas upaya kampanye anti-rokok di Ibu Kota.

Baca juga: Bantah Rumor soal Duit Rp100 Miliar, Kubu Moeldoko Sebut Yusril Dibayar dengan Harga Teman

Menurutnya, surat yang ditandatangani Anies, hanya untuk memastikan bahwa Jakarta tergabung dalam 54 kota yang melakukan kampanye anti-rokok bersama Bloomberg Philanthropies.

"Ya ini suratnya begini apa adanya. Enggak ada. Enggak ada permintaan dana di sini," ucap Ariza.

Orang nomor dua di Ibu Kota ini mengatakan surat tersebut sebagai bentuk kolaborasi Jakarta untuk membangun Ibu Kota agar menjadi kota sehat.

Baca juga: Dulu Akrab Banget dengan Amien Rais, Mengapa Neno Warisman Hengkang dari Partai Ummat?

Halaman
12