Banjir Jakarta

UPDATE Tinggi Muka Air Jumat 3 September: Begini Kondisi Seluruh Pintu Air Jakarta, Bogor, Depok

Penulis: Hertanto Soebijoto
Hari ini, Jumat (3/9/2021) pagi, cuaca di sekitar pintu air termasuk di sekitar Bendung Katulampa, Bogor dalam kondisi terang. Foto ilustrasi: Bendung Katulampa Bogor Siaga 1.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Tinggi muka air (TMA) di seluruh pintu air (PA) yang ada di Jakarta, Bogor dan Depok pada hari ini, Jumat (3/9/2021) pukul 08.00 WIB, seluruhnya kondisinya normal atau Siaga 4.

Dalam beberapa hari belakangan ini, kondisi TMA di seluruh PA kecenderungannya berstatus Siaga 4 atau normal, sehingga hal ini menunjukkan bahwa banjir tidak menjadi ancaman bagi warga Jakarta, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah rendah dan bantaran sungai.

Sebenarnya, sejak pukul 02.00 WIB, seluruh pintu air di Jakarta, Bogor dan Depok Status Siaga 4 atau normal seperti tercatat oleh Dinas SDA DKI Jakarta di laman @DinasSDAJakarta.

Dan hingga pukul 08.00 WIB kondisi seluruh pintu air di Jakarta, Bogor dan Depok tidak ada perumahan, tetap berstatus Siaga 4 atau normal.

Apa itu Siaga 4? Siaga 4 artinya belum ada peningkatan debit air secara mencolok.

Komando di lapangan, termasuk membuka atau menutup pintu air serta akan dikemanakan arah air cukup dilakukan oleh komandan pelaksana dinas atau wakil komandan operasional wilayah.

Baca juga: UPDATE Jadwal SIM Keliling Jumat 3 September 2021: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangsel, Bekasi

Baca juga: LOKASI Samsat Keliling Jumat 3 September 2021 Wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi

Lalu, bagaimana dengan kondisi cuaca di sekitar pintu air tersebut?

Berdasarkan rilis Dinas SDA DKI Jakarta di laman @DinasSDAJakarta, Jumat pagi menyebutkan, cuaca di sekitar pintu air sebagian besar kondisinya terang.

Satu-satunya pintu air yang cuacanya mendung tipis hanya di sekitar PA Depok.

Sementara kondisi cuaca di sekitar Bendung Katulampa, Bogor pagi ini terpantau terang.

Baca juga: Waduh, Ada Laboratorium Sabu di Jakarta Barat, Polisi Tetapkan Tersangka dari Timur Tengah

Halaman
1234