UMKM

Teten Masduki: UMKM dan Koperasi Harus Lakukan Inovasi dan Transformasi, Ini Alasannya

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Umar Widodo
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki (kiri) dan Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando di acara talkshow Internalisasi Pemikiran Bung Karno dan Bung Hatta dengan tema 'Literasi Kebangsaan Memperkokoh Nasionalisme dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi Berbasis Koperasi' yang berlangsung secara daring, Senin (23/8/2021)

Laporan Wartawan WARTAKOTALIVE.COM, Ign Agung Nugroho

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di tengah perkembangan dunia yang semakin kompetitif, dunia usaha terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi harus melakukan inovasi dan transformasi.

Karena itu, menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, UMKM dan koperasi harus mengembangkan model bisnisnya dengan asupan informasi yang memadai.

Dia menjelaskan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memiliki kontribusi dalam mengembangkan UMKM dan koperasi di Indonesia tersebut, melalui konten informasi yang dimiliki.

"Karena itu penting akses informasi, akses terhadap pengembangan usaha, termasuk vokasi. Dengan peran Perpusnas yang bisa memberikan akses bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia," kata Teten.

Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM (Antaranews.com)

Hal itu disampaikannya di acara talkshow Internalisasi Pemikiran Bung Karno dan Bung Hatta, dengan tema 'Literasi Kebangsaan Memperkokoh Nasionalisme dan Mempercepat Pemulihan Ekonomi Berbasis Koperasi' yang berlangsung secara daring, Senin (23/8/2021).

Teten menambahkan, kemandirian ekonomi akan sangat kuat apabila ownership dari pembangunan ekonomi dan kegiatan usaha, ada di masyarakat.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menegaskan, peran perpustakaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Buku-buku terapan yang ada di perpustakaan bermanfaat untuk meningkatkan skill atau keterampilan masyarakat.

Baca juga: Arief R Wismansyah Bangga pada Warga Karawaci yang Berjuang Mengangkat Derajad Produk UMKM

Baca juga: Peringati Hari UMKM Nasional, 500 UMKM Meriahkan Festival UMKM #BangkitWirausaha

"SDM yang berkualitas adalah SDM yang memiliki penguasaan terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan yang diimplementasikan untuk menciptakan barang dan jasa," katanya.

"Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan income per kapita masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan," kata Syarif Bando lagi.

Sejak 2018, Perpusnas mengusung program Perpustakaan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial untuk masyarakat marjinal.

Tahun ini, program berlanjut dan pendampingan telah membuahkan hasil, di mana masyarakat yang mengikuti program telah membuka UMKM.

"Ini sebagai bentuk dukungan penuh Perpusnas dalam meningkatkan literasi masyarakat untuk pemulihan ekonomi di era pandemi," jelasnya. (ign).