Berita Nasional

Hillary Brigitta Lasut: Akan Ada Pergeseran Trend Berwisata di Masa Pandemi

Editor: Feryanto Hadi
Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 Partai Nasdem.(Dokumentasi Pribadi/ Hillary Brigitta Lasut)

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Aggota DPR RI dari Komisi 1, Hillary Brigitta Lasut memprediksi akan ada pergeseran trend berwisata yang dilakukan masyarakat di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini.

Seperti diketahui, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu yang paling terdampak semenjak Covid-19 ditemukan di Indonesia pada Maret 2019 lalu.

Adanya larangan bekerumun untuk mencegah penularan virus, membuat tempat-tempat wisata tutup.

Jika ditotal, sepanjang tahun 2020 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia hanya sekitar 4,052 juta orang.

Baca juga: Miliki Potensi Luar Biasa, Pariwisata Halal Disebut Sandiaga Uno Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Bisa dibilang, angka tersebut sangat memprihatinkan, karena dari total tersebut hanya sekitar 25% dari jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia pada 2019.

Jumlah pelancong domestik juga jauh berkurang di masa pandemi ini.

Dampaknya, para pelaku industri pariwisata mengalami kerugian sangat besar.

"Memang tidak mudah untuk mengembangan atau mempertahankan potensi dan kualitas pariwisata apalagi di tengah pandemi dimana kita benar-benar berkumpul saja sepertinya sulit," ungkap Hillary Brigitta Lasut dalam diskusi daring bertajuk Menyikapi & menyiasati tren industri pariwisata di tengah pandemi, Rabu (24/8/2021)

Baca juga: Hadiri Pertemuan Pariwisata Halal Internasional, Sandi Optimis Hadirkan Wisata Halal Berkualitas

"Sejak kasus covid-19 pertama ditemukan pertama, industri pariwisata di Indonesia hingga saat ini belum mengalami perkembangan. Industri parisisata menjadi sektor paling terpukul akibat adanya pandemi ini," imbuhnya.

Ketika kasus penularan Covid-19 mulai mereda, pemerintah mencoba mengendurkan aturan dengan membuka sejumlah sektor pariwisata meskipun dengan aturan sangat ketat.

Halaman
123