Relaksasi Pajak

Sri Mulyani Perpanjang Diskon Pajak Mobil dan Properti hingga Akhir Tahun

Editor: Feryanto Hadi
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, telah memproses perpanjangan diskon Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor atau mobil hingga akhir tahun. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perpanjangan tersebut nantinya akan disesuaikan dengan syarat tertentu. 

"Untuk pajak perumahan dan kendaraan bermotor dalam proses kita perpanjang, sehingga juga berlaku sampai dengan akhir tahun dengan kondisi tertentu," ujarnya saat konferensi pers APBN Kita, Senin (21/6/2021). 

Baca juga: Relaksasi PPnBM, Konsep Ini Bikin Daihatsu Sukses Tingkatkan Produksi Hingga 460.000 Unit Per Bulan

Sementara, PPN ditanggung pemerintah untuk properti yang sekarang itu sudah dimanfaatkan oleh sekira 519 penjual akan diperpanjang juga. 

Selanjutnya, Sri Mulyani menjelaskan, untuk diskon pajak kendaraan bermotor hanya berlaku di 5 merk agen penjual atau dealer. 

"PPnBM untuk kendaraan untuk mobil yang 5 penjual, 5 penjual ini berarti 5 merek, 5 merek utama yang menggunakan PPnBM. Disalurkan untuk yang diberikan fasilitas," katanya. 

Baca juga: Relaksasi PPnBM 100 Persen untuk Mobil 1.500 CC Diperpanjang, Kapasitas Produksi Honda Dimaksimalkan

Selain itu, dia menambahkan, beberapa insentif usaha lain yalni PPH 21, PPH final UMKM DPP, pembebasan PPH 22 impor,  dan pengurangan angsuran PPH 25 juga akan diperpanjang. 

"Berlaku sampai akhir tahun. Ini menjawab pertanyaan mengenai perpanjangan dari insentif yang untuk dunia usaha," pungkas Sri Mulyani.

Gaikindo senang

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif perpanjang relaksasi PPnBM 100 persen untuk mobil di bawah 1.500 cc.

Halaman
12