Berita Video

VIDEO RS Mandaya Royal Puri Kini Makin Canggih, Utamakan Kenyamanan Pasien

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Ahmad Sabran

WARTA KOTA, TANGERANG - Sebuah rumah sakit di Kota Tangerang dengan desain inovatif dan hi-tech untuk memberikan pengalaman luar biasa kepada pasien dan keluarganya segera dibuka pada Juli 2021 ini. Rumah sakit baru ini akan menjadi salah satu rumah sakit swasta terbesar di Indonesia dan menjadi RS rujukan nasional. 

Dengan desain inovatif, peralatan medis dan sistem IT canggih, serta team dokter berkompetensi tinggi, RS Mandaya Royal Puri diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan fasilitas kesehatan yang berkualitas tinggi. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur Mandaya Healthcare Group, Dr. Ben Widaja, MBChB (UK). Ia menjelaskan mengenai konsep rumah sakit ink.

"Inspirasi yang muncul dalam pemikiran untuk seluruh perkembangan Rumah Sakit ini yaitu karena kebutuhan atas pelayanan kesehatan di Indonesia masih sangat tinggi. Terutama kebutuhan atas pelayanan kesahatan yang berkualitas," ujar Ben saat dijumpai Warta Kota di RS Mandaya Royal, Kota Tangerang pada Jumat (11/6/2021).

"Dari pengalaman yang saya dapatkan sewaktu belajar dan bekerja sebagai dokter di Inggris selama 8 tahun, di mana disaat itu saya juga mempunyai banyak kesempatan berkunjung ke rumah sakit di negara lain seperti Amerika, Singapore dan lainnya," sambungnya.

Dan tidak kalah penting pengalaman pribadi keluarganya sebagai pasien juga. Ia mengidentifikasikan puluhan gaps yaitu perbedaan antara harapan pasien dan keluarganya dengan apa yang biasa mereka dapatkan sewaktu di Rumah Sakit, khususnya di Indonesia. 

"Dari situ kami membuat berbagai rancangan untuk memberikan solusi atas gaps ini, dimulai dari disain arsitektur dan interior Rumah Sakitnya sampai ke cara melayani pasien dan keluarganya. Kami sebut ini sebagai Mandaya patient and family experience concept," ucap Ben.

Yang membedakan Mandaya Royal hospital Puri dengan RS lain adalah Konsep patient and family experience. Menurutnya konsep ini bisa dibilang sangat baru di Indonesia untuk sebuah Rumah Sakit.  

"Dari pengamatan kami lebih dari 90% keluhan pasien justru tidak berhubungan dengan medis, terutama berkaitan dengan pengalaman buruk yang dialami pasien dan keluarganya. Bagi keluarga pasien yang berduit, mereka memilih berobat ke Luar Negeri, di samping masalah kepercayaan, juga karena di Luar Negeri mereka dilayani bak raja, mereka memperoleh pengalaman yang baik di sana dibandingkan di Indonesia," katanya.

Disamping itu pihaknya mengubah total cara-cara lama dalam menangani pasien di mana biasanya perawatan hanya berpusat pada penyakit, menjadi cara-cara baru di mana perawatan berpusat pada pasien. Cara lama yang ditangani adalah penyakitnya, kurang melihat kebutuhan pasien sebagai manusia seutuhnya dengan kompleksitasnya baik dari segi emosional, sosial, finansial, dan sebagainya. 

Halaman
12