Berita Video

VIDEO : Pascasarjana UKI Gelar PKM Berdayakan Orangtua Dalam PJJ

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Alex Suban
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Gereja HKBP Duren Jaya Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/7/2021).

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Universitas Kristen Indonesia (UKI), melalui Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Gereja HKBP Duren Jaya Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/7/2021).

Adapun kegiatan PKM ini merupakan program kemitraan UKI dengan Gereja HKBP Duren Jaya. Kemitraan ini dituangkan dalam MoU (Memorandum of Understanding dan Memorandum of Agreement (MoA) yang dilakukan oleh Dr. Bintang R. Simbolon, M. Si selaku Direktur Program Pascasarjana UKI dan Pdt. Pantas Manalu, S. Th selaku Pendeta Resort di HKBP Duren Jaya pada tahun 2020 lalu.

Simak Video Berikut :

Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Dr Hotmaulina Sihotang MPd mengatakan, kegiatan pengambian kepada masyarakat yang dilakukan oleh UKI ini merupakan tanggung jawab kampus terhadap gereja, masyarakat dan orang tua di gereja agar mereka dapat paham betul mengenai peran penting orang tua dalam mendampingi anak selama belajar dirumah.

“Sudah setahun lebih kita belajar dirumah, tentu peran guru diambil alih oleh orang tua arena orang tua merupakan pendidikan utama sehingga peran orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi anak dari akademik maupun non akademik,” ujar Hotmaulina Sihotang kepada Wartakotalive.com, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Civitas Akademika UKI Gotong Royong Bantu Warga Terdampak Pandemi

Baca juga: UKI dan TESOL ASIA Jalin Kerja Sama Melalui 1st AEJ-UKI SLA Research International Conference

Dalam kegiatan PKM ini, UKI menyediakan para narasumber yang berkompeten seperti Prof. Dr. Manahan Tampubolon MM, Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd. PA, Dr. dr. Rospita Siregar, MH.Kes, dan Dr. Hotmaulina Sihotang M.Pd.

Peran orang tua dalam pendampingan anak belajar

Menurut Hotmaulina yang juga selaku narasumber dalam PKM kali ini, menyebutkan bahwa ada dua hal besar yang disampaikan oleh para narasumber yang hadir dalam kegiatan PKM kedua UKI di Gereja HKBP Duren Jaya Bekasi ini.

Pertama adalah materi bagaimana startegi belajar dirumah selama pandemi. Kedua adalah peran orang tua dalam pendampingan belajar agar anak tetap berprestasi saat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hotmaulina menyampaikan ada beberapa poin penting peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Di antaranya adalah anak merasa tidak sendiri dan orang tua sebagai pemberi semangat.

Baca juga: Akademisi Prodi Pendidikan Biologi FKIP UKI, Gelar Sosialisasi Tanaman Buah dan Sayur dalam Pot

Baca juga: Pengendara di Jalan Mayjen Sutoyo Dapat Sarapan Gratis dari UKI

“Jangan biarkan anak merasa belajar sendiri, buatlah situasi agar dia (anak) tidak merasa sendiri. Dalam mendampingi anak belajar, orang tua berperan menjadi guru,” ungkap Hotmaulina.

Halaman
12