Berita Video

VIDEO Kadisdik Jawa Barat Sidak PPDB Online di SMAN 5 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI----- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi berserta jajarannya melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke SMA Negeri 5 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, pada Jumat (11/7/2021).

Kedatangannya untuk mengecek pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. Dalam sidaknya, Kadisdik melihat aktivitas pendaftaran di sekolah tersebut.

Dia juga sempat berbincang dengan sejumlah calon peserta didik bersama orangtuanya yang tengah melakukan proses pendaftaran.

Kepada awak media, Dedi mengungkapkan sengaja menginformasikan kunjungannya secara mendadak, agar dapat melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan PPDB Online.

Diketahui juga, pelaksanaan PPDB Online tingkat SMA, SMK dan SLB itu merupakan tanggungjawab dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

"Jadi sengaja saya beritahu mau datang dadakan, karena ingin tahu kegiatan sekolah dalam penerimaan siswa baru ini. Kita lihat kondusif dan dipersiapkan secara matang termasuk protokol kesehatannya," ujarnya, pada Jumat (11/6/2021).

Dedi menyampaikan pelaksanaan PPDB Online SMA, SMK dan SLB se-Jawa Barat berlangsung kondusif. Tidak terjadi kendala apapun dalam pelaksanaannya.

"Kalau ada keluhan yang lambat susah akses itu, bukan karena dari server kami. Tapi memang karena jaringan internet mereka itu sendiri," ucapnya.

Ia meminta agar para orang mendaftarkan sesuai jalur yang telah disediakan. Dia juga memastikan warga Jawa Barat mendapatkan belajarnya dengan aman dan sehat.

"Mudah-mudahan, semua anak di Jawa Barat bisa sekolah, sesuai tagline PPDB 2021 'sekolah dimana saja sama saja," ungkap dia.

Adapun hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran PPDB Online tahap 1. Pendaftaran tahap 1 itu dimulai sejak 7-11 Juni 2021.

Lalu, 21 Juni pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan 22-24 Juni daftar ulang. Tahap 1 itu SMA khusus pendaftaran jalur afirmasi, perpindahan orangtua, jalur prestasi nilai rapor dan kejuaraan. Untuk SMK yakni jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan, prestasi rapor unggulan.

Sementara PPDB Online tahap 2 pendafatran pada 25 Juni- 1 Juli 2021. Sedangkan untuk pengumumannya pada 9 Juli, daftar ulang 12-14 Juli 2021. Tahap 2 ini SMA khusus jalur zonasi dan SMK jalur prestasi dan rapor umum. (MAZ)