Berita Video

VIDEO 46 Preman Pungli di Jakarta Utara Ditangkap Terkait Keluhan Sopir Truk Kontainer ke Jokowi

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA- Jumlah pelaku pungutan liar (pungli) yang bisa ditangkap terkait keluhan para sopir truk kontainer ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertambah jadi 49 orang dari sebelumnya hanya 24 orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah mengamankan puluhan orang pelaku pungli tidak lama setelah keluhan sopir truk disampaikan ke Jokowi.

"Yang kami amankan ini total ada 49 orang, di situ perannya masing-masing dengan kelompok masing-masing," kata Yusri di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

Yusri menceritakan 49 pelaku pungli tersebut sebagian besar ditangkap jajaran Polres Metro Jakarta Utara dimana 28 orang di antaranya dari dua perusahaan, yakni PT DKM dan PT GFC.

Sementara 14 pelaku lainnya adalah mereka yang tertangkap tangan melakukan pungli di jalanan di sekitaran Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kemudian juga dari Polsek Cilincing enam pelaku dan Polsek Tanjung Priok ada delapan pelaku," ungkap Yusri.

Tidak ketinggalan aparat dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok menangkap tujuh pelaku pungli di dalam kawasan Jakarta International Container Terminal (JICT).

Setelah ditangkap, puluhan pelaku tersebut lalu diamankan ke Mapolres Metro Jakarta Utara dan Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok untuk diproses lebih lanjut.

Sebelumnya Presiden Jokowi bertatap muka dengan para sopir truk dimana saat itu mereka mengeluhkan pungutan liar di sekitar pelabuhan pada Kamis (10/6/2021) kemarin.

Menanggapi hal itu Jokowi langsung menelepon Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menindaklanjuti keluhan para sopir truk supaya dapat diselesaikan dan ridak terulang kembali. (jhs)