Prakiraan Cuaca

BMKG: Beberapa Wilayah di Indonesia Diprakirakan Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Kilat

Editor: Hertanto Soebijoto
BMKG memprakirakan, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Jumat (23/4/2021). Foto ilustrasi: Lalu lintas di Tol Jagorawi hujan lebat, Jumat (18/4/2014) sore.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Sejumlah daerah di Indonesia diprakirakan akan turun hujan lebat disertai kilat dan angin kencang pada hari ini, Jumat (23/4/2021).

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Sumatera dan Kalimantan pada Jumat.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu dan di Teluk Carpentaria.

Video: PO di Terminal Induk Bekasi Belum Tahu Ada Pengetatan Mudik

Sirkulasi siklonik itu membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Lampung hingga perairan barat Bengkulu.

Bahkan, konvergensi itu memanjang dari Australia bagian timur hingga Teluk Carpentaria.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka serta dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Minggu 18 April 2021, BMKG: Cuaca Jakarta Selatan Hujan Petir Siang Ini

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Sabtu 17 April 2021, BMKG: Sejumlah Daerah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Kondisi itu mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut mulai dari Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Selain itu, kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kemudian, Jawa Barat, Maluku, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Halaman
12