Mudik Lebaran

Airin Rachmi Diany Mengaku Kapok Berlakukan Posko PSBB dan SIKM saat Mudik Lebaran

Penulis: Rizki Amana
Editor: Valentino Verry
Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mengaku pihaknya kecolongan mobilisasi masyarakat saat memberlakukan Posko Pembatasan Sosial Berskala Besar di tengah musim mudik Hari Raya Idul Fitri 2020 kemarin.

WARTAKOTALIVE.COM, TANGSEL - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany mengaku pihaknya kecolongan mobilisasi masyarakat saat memberlakukan Posko Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah musim mudik Hari Raya Idul Fitri 2020 kemarin. 

Hal itu diutarakannya saat mengkaji kebijakan larangan mudik di Hari Raya Idul Fitri 2021. 

Pasalnya, ia mengaku banyak akases jalan perbatasan antar kota yang tak tersentuh Posko PSBB hingga berujung meningkatnya kasus infeksi covid-19 pasca-musim mudik tahun lalu. 

"Pengalaman kita pada saat PSBB dulu kurang efektif terhadap posko walaupun ada nanti mungkin kita siapkan hanya beberapa saja," kata Airin saat ditemui di Rumah Lawan Covid-19 Kota Tangsel, Serpong, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran Warga DKI Jakarta Masih Menunggu Arahan Pemerintah Pusat

Baca juga: Soal Larangan Mudik Lebaran, Anies Baswedan Akui Tunggu Arahan dari Pemerintah Pusat

Selain mengkaji pemberlakuan kembali Posko PSBB, penerapan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) juga salah satu kebijakan yang bakal tak diterapkan pihaknya. 

Ia menilai penerapan SIKM dalam upaya pembatasan mobilisasi masyarakat justru tak dapat menjadi harapan dalam menyusutkan kasus penyebaran dan penularan covid-19 di Kota Tangsel. 

"Yang pasti kita sedang melihat saja, karena kan Tangsel ini belajar pengalaman waktu pas posko pun juga tidak begitu efektif ya, karena banyak orang keluar masuknya dan pintunya banyak sekali enggak bisa disekat di sini, larinya ke sini itu pengalaman kita ya," katanya. 

Dari pengalaman itu pun, Airin mengaku bakal lebih mengoptimalkan peran Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 tibgkat RW dan RT dalam memberlakukan pelarangan mudik di bulan ramadan maupun Hari Raya Idul Fitri tahun ini. 

Baca juga: Jokowi Kembali Berlakukan Larangan Mudik Lebaran, Terminal Bayangan Justru Marak di Jakarta Selatan

Baca juga: Draft Aturan Transportasi Mudik Lebaran 2021 Selesai, Tinggal Tunggu SE Gugus Tugas Covid-19

"Kemungkinan ke depan kita akan aktifasi lagi, kita sedang kaji lagi, kita godok, kita lihat data dan yang lainnya kemungkinan akan kita buat yaitu posko di tingakt RW dan RT. Jadi kita akan lebih perdayakan di PPKMnya," kata Airin. 

"Diberdayakan lebih ke tingkat RW dan RT karena kan Tangsel ini kan berbatasan dengan DKI, Kabupaten Tangerang, Depok, Bogor yang pintu masuknya sangat mudah bagi orang untuk bisa dilalui," pungkasnya.