Hari Jadi Bogor

Tahun Ini Hari Jadi Bogor Dirayakan Sederhana, Wali Kota Bima Arya: Ini Masa Sulit Penuh Cobaan

Bima Arya Sugiarto

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR -- Pada hari jadi Bogor ke-538, yang jatuh pada hari Rabu (3/6/20200) Pemerintah Kota Bogor mengusung pesan solidaritas.

Sebenarnya, tak hanya Kota Bogor, tetapi juga Kabupaten Bogor yang merayakan ulang tahun.

Mengapa kedua daerah administrasi ini mempunyai hari jadi yang sama?

Hal ini mengacu pada tanggal 3 Juni 1482 yang merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.

Maka, baik Kota Bogor maupun Kabupaten Bogor merayakannya sebagai Hari Jadi Bogor (HJB).

Untuk Hari Jadi Bogor 2020, Pemerintah Kota Bogor menggelarnya secara sederhana dan menekankan kepada nilai solidaritas sesama warga di tengah Pandemi Covid-19.

Logo dan tema pun disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Dari rilis resmi yang dikeluarkan Pemkot Bogor pada HJB tahun ini Pemkot Bogor mengusung tema Sahitya Raksa Baraya yang diambil dari bahasa Sansekerta dan Sunda yang memiliki arti solidaritas saling menjaga antar sesama warga.

HUT ke-538 Kota Bogor, Begini Sejarah Nama Kota Bogor Berasal

Sementara logo HJB disimbolkan dengan Rusa atau Uncal bermasker serta tanduk yang membentuk angka 538 yang diapit dua bilah Kujang.

“Tahun ini, Hari Jadi Bogor ke-538 diperingati dengan suasana berbeda, ini merupakan masa-masa yang sangat sulit bagi kita semua, pandemi ini bukan hanya ujian kesehatan, tetapi juga merupakan ujian keimanan dan kebersamaan bagi kita semua,” kata Bima Arya di Balaikota Bogor, Selasa (2/6/2020) dikutip Wartakotalive.com dari TribunnewsBogor.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Bogor

Berita Populer