Jaringan Desa Wisata

Sandiaga Uno Tetapkan Tegalsawah Karawang Jadi Jadesta Nasional, Ingin Ciptakan Petani Melinial

Menparekraf Sandiaga Uno memiliki tekad menciprakan petani milenial lewat penetapan Tegalsawah Karawang sebagai Jaringan Desa Wisata (Jadesta).

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menetapkan Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, sebagai jaringan desa wisata (Jadesta), Minggu (26/3/2023). 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno menetapkan Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang sebagai jaringan desa wisata (Jadesta) Nasional.

Hal itu diungkapkan saat melakukan Sarasehan bersama petani milenial Karawang di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Wira Tani di Desa Tegalsawah, Kecamatan Karawang Timur, Minggu,(26/3/2023)

"Saya cek Desa Tegalsawah Karawang belum masuk ke dalam jaringan desa wisata (Jadesta) nasional, saya minta staf untuk ditetapkan jadi Jadesta nasional. Nanti segera buatkan SK (Surat Keputusannya)," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, dalam Jadesta program anugrah, pihaknya akan langsung mengarahkan untuk peningkatan P4S Wira Tani ini menjadi Pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang menjadi lokomotif pembangunan ekonomi masyarakat.

Menurut Sandiaga, P4S Wira Tani seperti ini seperti di Jepang, di mana saat di tengah perkotaan masih nampak hamparan pertanian.

"Dengan adanya penerapan agrobisnis dan agrowisata di sini, diharapkan menjadi sumber mata pencaharian dan dapat meningkatkan perekonomian di desa ini," katanya.

Ia berharap Bupati bersama Wakil Bupati Karawang bisa mengembangkan P4S Wira Tani ini.

Mulai dari peningkatan infrastruktur maupun fasilitas lainnya.

Baca juga: GMC Ajak Petani Milenial di Desa Mandalawangi Banten Semangat Bercocok Tanam Melalui Workshop

Sebab, menurutnya ada banyak manfaat bagi masyarakat dari tempat ini.

"Kita lihat di sini itu ada edu tani, edu usaha dan edu wisata," ujarnya.

"Ini bisa menjadi lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Jadi, saya minta pemerintah daerah bisa membantu untuk mengembangkan P4S Wira Tani ini," imbuhnya.

Sandiaga juga mengapresiasi adanya P4S Wira Tani ini. Apalagi, adanya keterlibatan anak-anak muda menjadi petani milenial.

Baca juga: Petani Milenial Diyakini Dapat Wujudkan Kedaulatan Pangan di Jateng

"Karena isu utama dihadapi bangsa ini ialah ketersediaan pangan," katanya.

"Maka ini bisa dikemas dalam bentuk eduwisata, jadi bukan hanya ini bisa jaga kestabilan harga juga dapat membuka peluang kerja," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved