Berita Nasional

Takjub dengan Indahnya Alam Kabupaten Kuningan, Sandiaga Uno: Gali Potensi-Buka Peluang Usaha

Takjub dengan Indahnya Alam Kabupaten Kuningan, Sandiaga Uno: Gali Potensi-Buka Peluang Usaha

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Ciremailand, Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Selasa (28/2/2023). 

WARTAKOTALIVE.COM, KUNINGAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku takjub dengan keindahan alam serta beragamnya produk ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, potensi yang dimiliki Kabupaten Kuningan itu harus terus dikembangkan untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika mengunjungi Ciremailand, Puncak, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Selasa (28/2/2023).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengaku telah berbincang dengan para pelaku UMKM Kabupaten Kuningan.

Mereka katanya mengeluhkan soal pemasaran produk ekonomi kreatif yang belum maksimal.

Selain itu, kenaikan harga sejumlah bahan pokok hingga sulitnya mencari pekerjaan saat ini.

Baca juga: Geliatkan Perekonomian, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin Resmikan Langsung Toko Daging Nusantara

Baca juga: Jaksel Raih Dua Penghargaan Adipura, Tebet Eco Park Jadi Taman Terbaik se-Indonesia

"Tadi ibu-ibu di Kuningan ini mengeluh soal harga-harga bahan pokok, dirasakan mahal dan lapangan kerja belum tercipta," ungkap Sandiaga Uno.

"Ini tugas dari seluruh pihak untuk melancarkan distribusi, meningkatkan produksi agar harga-harga bahan pokok itu terjangkau dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja, khususnya bagi UMKM," jelasnya.

Menjawab keluhan tersebut, Sandiaga Uno menunjukkan keindahan alam yang membentang di kawasan Ciremailand.

Pegunungan yang membentang dengan hamparan ladang dan hutan lindung yang merupakan anugerah Tuhan itu harus dioptimalkan.

Sehingga Kabupaten Kuningan dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang mampu menarik kedatangan wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

"Kuningan ini destinasi wisatanya sangat beragam dan sangat potensi, harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa menarik lebih banyak wisatawan," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Dorong Kriya Kabupaten Toba Masuk Nominasi UNESCO, Sandiaga Uno: Wujudkan 4,4 Juta Lapangan Kerja

Baca juga: Inovasi Bisnis Laundry, Sandiaga Uno Sebut IZILOH Jadi Bukti Besarnya Potensi Ekonomi Digital Bangsa

"Dan produk-produk ekonomi kreatif bisa meningkat kualitasnya, sehingga omset dari para UMKM ini juga meningkat, karena mereka menghadapi kesulitan pemasaran," tambahnya.

Lebih lanjut, salah satu solusi untuk meningkatkan pemasaran produk ekonomi kreatif, diungkapkannya lewat konsep mobil toko.

Selain itu, Sandiaga Uno mengaku akan membuat sejumlah konten di media sosial, sehingga keindahan alam dan beragam produk ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Kuningan bisa diketahui masyarakat luas.

"Pemandangan epik banget, Ini boleh dibilang fantastis, nanti kita akan ambil beberapa konten, dan kita akan bantu memasarkan karena Ciremailand Glamping ini nanti akan menjadi host festival musik besar di pertengahan tahun," ungkap Sandiaga Uno.

"Kita harapkan ini akan mampu menarik banyak wisatawan, sehingga ekonomi di Kabupaten Kuningan ini bisa semakin lebih baik lagi ke depan," sambungnya.

"Saya akan berjuang memastikan bahwa para pelaku UMKM ini ada di garda terdepan untuk kebangkitan ekonomi kita dan terciptanya 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," tutupnya berharap.

Baca Berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved