Berita Video

VIDEO Kirab Toa Pekong Bagian dari Cap Go Meh di Glodok Dulang Antusias Warga

Kirab Toa Pekong dan Budaya Nusantara dalam rangka memeringati Cap Go Meh 2023, mendulang antusias sejumlah warga di kawasan Glodok, Minggu (5/2/2023)

Penulis: Nuri Yatul Hikmah | Editor: Fredderix Luttex

WARTAKOTALIVE.COM, TAMAN SARI — Kirab Toa Pekong dan Budaya Nusantara dalam rangka memeringati Cap Go Meh 2023, mendulang antusias sejumlah warga yang sejak pagi telah memadati kawasan Glodok Pancoran, Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi sekira pukul 14.00 WIB, ratusan warga ramai berjajar di sisi kanan dan kiri trotoar, mulai dari Jembatan Lima hingga gapura dekat Pasar Glodok.

Kirab tersebut dibuka oleh sejumlah anak-anak yang mengenakan kebaya dan pakaian tradisional Indonesia. Mereka juga membawa sejumlah bendera merah putih dan sejumlah bendera lainnya berwarna biru dan kuning.

Pasukan tersebut dikawal oleh aparat kepolisian dan ambulans di belakangnya.

Di barisan berikutnya, sejumlah pasukan nampak mengawaki kirab tersebut. Mereka tergabung dalam paguyuban vihara dan komunitas yang berbeda-beda.

Masing-masing juga menampilkan pertunjukkan dan arak-arakan yang berbeda.

Mulai dari atraksi barongsai, macopo, naga raksaksa yang menari di udara, serta arak-arakan tandu dewa (joli) yang sudah dihiasi oleh bunga, wewangian dupa, hingga aneka makanan dan permen-permen.

Baca juga: VIDEO Lia Ladysta Jualan Keripik Demi Menyambung Hidup di Jakarta

Tak jarang, warga yang memang menganut kepercayaan Tionghoa, ikut memberi salam ke setiap arak-arakan tandu melewati mereka.

Mereka juga menitipkan angpao ke dalam tandu tersebut atau kepada barongsai dan naga raksaksa yang tengah menampilkan atraksinya.

Sebagai imbalannya, pemberi akan mendapat setangkai bunga atau makanan kecil yang sudah diberi doa.

Kirab ditutup dengan arak-arakan ondel-ondel Jakarta. Tak hanya orang dewasa yang antusias, para anak-anak pun tak henti berteriak dan tepuk tangan kala menyaksikan kirab tersebut.

Baca juga: VIDEO Delon Thamrin Soroti Konten TikTok Mandi Lumpur

Salah satu warga yang ikut menyaksikan kirab, Ida (50) mengaku sangat antusias mengikuti rangkaian acara tersebut.

Pasalnya, kirab ini baru diadakan lagi setelah sebelumnya tertahan pandemi Covid-19.

"Ya, aku dari kabar tetangga, jadi semangat, jadi saya dari pukul 12.00 WIB, masih nunggu," ujar Ida saat ditemui di kawasan Glodok Pancoran, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved