Acara Guyub Ketua Rukun Warga Se-Jakarta Barat, Irjen Fadil Imran: Kalau RW Aman Kelurahan Aman

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengingatkan pentingnya peran Rukun Warga (RW) dalam rangka menciptakan kamtibmas untuk wilayah yang lebih besar.

Istimewa
Polda Metro Jaya bersama dengan Polres Metro Jakarta Barat menggelar kegiatan pertemuan bersama para ketua rukun warga (RW) se-Jakarta Barat di Grand Ballroom Hao Di Fang Season City, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (4/2/2023). 

WARTAKOTALIVE.COM, TAMAN SARI - Polda Metro Jaya bersama dengan Polres Metro Jakarta Barat menggelar kegiatan pertemuan bersama para ketua rukun warga (RW) se-Jakarta Barat di Grand Ballroom Hao Di Fang Season City, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (4/2/2023).

Adapun acara tersebut bertajuk 'Guyub Ketua Rukun Warga se-Jakarta Barat'.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr M Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce dan para stakeholder.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan RW sangat berperan penting untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang ada.

Baca juga: Penuhi Undangan Fadil Imran, Pihak Keluarga Minta Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI Dipulihkan

Menurutnya, selain administrasi RW memegang peranan hukum, budaya, hingga ekonomi.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan peran para ketua RW dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Semua, ada yang lahiran lapor RW, ada yang mau kawin laporan RW, ada yang jual narkoba, miras, geng motor, kenakalan remaja, itu terjadi di RW, bagaimana kita mempertahankan budaya kita," ucap Fadil melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (4/2/2023).

Fadil mengatakan RW sangat vital dan berpengaruh besar terhadap komunitas masyarakat yang lebih luas. Sebaliknya, jika ada RW yang tidak seimbang, akan berpengaruh besar.

Baca juga: Videonya Diperas Polisi Viral, Bripka Madih Justru Diduga Langgar Kode Etik dan Ujaran Kebencian

"Keseimbangan di satu RW memiliki pengaruh yang besar terhadap komunitas yang lebih besar. Kalau RW aman maka kelurahan aman, kalau kelurahan aman maka kecamatan aman, kalau kecamatan aman maka Kota Madya Jakarta Barat ini aman," jelas dia.

Fadil mengajak para ketua RW yang ada untuk membangun lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman. Dia berharap agar para ketua RW bisa lebih sering 'ngider' untuk menjaga kamtibmas.

"Saya berharap RW-RW ini sering-sering ngider supaya bisa tahu apa yang terjadi di lingkungannya," imbuhnya.

Diketahui, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari program Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo.

Untuk itu Kapolda beserta jajarannya terjun langsung kemasyarakat sehingga bisa membentuk hubungan emosional antara polisi dengan masyarakat.

Sehingga kehadiran polisi di tengah masyarakat bisa dirasakan sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Sebanyak 587 Ketua RW Se-Wilayah Jakarta Barat hadir dalam kegiatan ini serta didampingi oleh para Kapolsek, Danramil, Lurah, Camat, Para Bhabinkamtibmas dan Babinsa. (m27)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved