Berita Daerah

Konvoi Bareng Motor Tiga Roda Tuna Daksa Asal Klaten, Ganjar Ganjar Siapkan Pelatihan

"Ini kejutan bagi saya karena mereka tur keliling bawa motor dengan modifikasinya sendiri datang ke rumah.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Gubernur Jateng Ganjar konvoi bersama komunitas dari Klaten menggunakan motor roda tiga yang telah dimodifikasi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kedatangan belasan penyandang disabilitas tuna daksa asal Klaten ke Rumah Dinas Gubernur Jateng, Senin (30/1/2023).

Terlebih, kata dia, penyandang disabilitas yang tergabung dalam Komunitas Satu Hati ini datang dengan membawa sepeda motor roda tiga hasil modifikasi masing-masing.

"Ini kejutan bagi saya karena mereka tur keliling bawa motor dengan modifikasinya sendiri datang ke rumah. Tadi saya banyak mendapatkan pengalaman, komplain, sekaligus keinginan, di antara lain mereka bisa mendapatkan akses dari pemerintah untuk hidup mandiri melalui pelatihan," imbuhnya.

Tidak hanya senang dan gembira, Ganjar juga mengaku bangga dengan kedatangan belasan penyandang disabilitas tuna daksa asal Klaten yang tergabung dalam Komunitas Satu Hati.

Sebab, kata dia, para penyandang disabilitas tersebut mampu menghimpun diri untuk saling menolong di tengah keterbatasan fisik.

"Karena (Komunitas Satu Hati) punya pos pelayanan terpadu (posyandu) jadi mereka bisa berbagi. Pertama, ada yang (memiliki) masalah cukup serius karena mentalnya juga kena. Maka, mereka mencoba berbagi perasaan," tutur Ganjar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Permasalahan kedua, lanjut dia, disabilitas dengan cacat fisik saling menguatkan bagaimana bisa hidup mandiri dan apa yang dibutuhkan.

Menurut Ganjar, pemerintah harus memberikan perhatian dan bantuan kepada kaum difabel.

Baca juga: VIDEO PKS Resmi Mengusung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024 di Bandara Soetta

"Dari ini, pemerintah harus membantu siapkan usulannya apa, kemudian kami berikan mereka pelatihan, permodalan, dan pendampingan sampai mereka bisa mandiri," ucapnya.

Seperti diketahui, belasan penyandang disabilitas rela menempuh waktu lima jam mengendarai motor untuk bisa menemui Ganjar di Rumah Dinas Gubernur Jateng.

Meski memiliki keterbatasan fisik, tak menyurutkan semangat para difabel untuk bertemu Ganjar.

Mereka berangkat dari basecamp di Desa Birit, Kecamatan Wedi, Klaten sekitar pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan tiba di Rumah Dinas Puri Gedeh sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedatangan para difabel itu disambut hangat Ganjar. Ia menyalami mereka satu persatu. Suasana akrab ini langsung tampak saat awal pertemuan.

Apalagi, mereka membawakan durian dan rambutan khusus untuk Ganjar. Komunitas yang diketuai Nina Kusumawati itu kemudian berbincang hangat dengan gubernur layaknya keluarga sendiri.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved