Berita Video

VIDEO Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko: Humas Tak Sekadar Juru Bicara

Sebelum menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya, jabatan terakhir Trunoyudo adalah sebagai Kabagpemanalis Romulmed Divhumas Polri.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Trunoyudo Wisnu Andiko sudah hampir dua pekan menjabat sebagai Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya.

Trunoyudo menggantikan pejabat sebelumnya, Kombes Endra Zulpan yang dimutasi ke Kabagjiantekpol Waketbid PPITK STIK Lemdiklat Polri, sejak Jumat (13/1/2023) lalu.

Penggantian pejabat Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut dilakukan sebagaimana arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/2775/XII/KEP/2022 yang ditandatangani AS SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

Sebelum menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya, jabatan terakhir Trunoyudo adalah sebagai Kabagpemanalis Romulmed Divhumas Polri.

Kepada jurnalis Wartakotalive.com, Ramadhan L Q, Trunoyudo berbicara soal perasaannya sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya hingga membentengi diri dari korupsi.

Berikut wawancara eksklusif dengan Trunoyudo yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 ini dengan segudang pengalaman dalam bidang reserse, di ruangan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, belum lama ini:


Selamat atas jabatan barunya sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya, bagaimana perasaan Anda setelah resmi menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya?

Kalau ditanya tentang bagaimana rasa atau perasaan, yang jelas jabatan apapun termasuk Kabid Humas ini adalah merupakan amanah. Di mana dangan adanya amanah ini merupakan konsekuensi bertanggung jawab. Dalam proses untuk memahami suatu jabatan tentu kompetensinya adalah pribadi. Saya yang lebih tahu dan tentunya kalau dikatakan penting justru konsekuensi dari beban amanah yang diberikan ini tidaklah ringan ya, tidak ringan. Jadi kalau tadi disampaikan bagaimana perasaan ya tentu mengandung suatu makna, pertama wajib bersyukur, yang kedua kita ikhtiar ya ikhtiar berupaya dan mohon dukungan seluruh pihak. Karena tidak eranya lagi kompetensi, tapi sekarang eranya adalah kolaborasi. Nah maka kami mohon di-support, didukung, doa sehingga dimudahkan dan dilancarkan dalam amanah ini


Mungkin sobat WK belum ada yang tahu terkait peran dari Bidang Humas Polda Metro Jaya ini, bisa dijelaskan seperti apa peran dari Bidang Humas?

Bidang humas ini yang diketahui oleh masyarakat luas, adalah sebagai sosok juru bicara atau melakukan pemberian informasi kepada publik atau orang yang dilembagakan melakukan komunikasi publik.

Artinya, dalam tugas ini tidak sesederhana yang orang mungkin secara umum ketahui. Di dalam penyampaian ini, kandungan-kandungan yang diberikan harus informatif, harus edukatif ya, harus partisipatif, dan kemudian juga objektif dan tentunya adalah suatu bahasa yang namanya komunikasi itu ada lima hal sebagai komunikator atau pembicaranya sendiri.

Bagaimana kualitas isi atau kontennya, kemudian kanal atau saluran channel ya, kemudian juga terutama adalah keunikan masyarakat yang menerimanya. Yang paling utama adalah efek, efek apa yang bisa dirasakan masyarakat, ketika kita memberikan suatu informasi publik kepada masyarakat itu yang lebih penting. Dan tentunya apabila itu diterima oleh masyarakat, masyarakat akan muncul partisipatif


Tadi pak kabid sempat menyinggung soal komunikasi, dari pak kabid sendiri, strategi komunikasinya seperti apa dalam bidang humas ini?

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved