Natal dan Tahun Baru

Natal 2022: Indahnya Toleransi, Masjid Istiqlal Sediakan Lahan Parkir Jemaat Gereja Katedral

Potret indahnya torelansi beragama di Jakarta saat Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir bagi jemaat yang hendak beribadah ke Gereja Katedral.

Penulis: Nuri Yatul Hikmah | Editor: Rendy Renuki
Wartakotalive/Nuri Yatul Hikmah
Potret indahnya torelansi beragama di Jakarta saat Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir bagi jemaat yang hendak beribadah ke Gereja Katedral pada momen Natal 2022, Minggu (25/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA PUSAT – Potret indahnya torelansi beragama tampak di dua rumah ibadah, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta pada momen Natal 2022 yang jatuh hari ini, Minggu (25/12/2022).

Masjid Istiqlal menyediakan lahan parkir bagi jemaat yang hendak beribadah ke Gereja Katedral di momen Natal 2022.

Gereja Katedral Jakarta merupakan tempat peribadatan umat kristiani terbesar di DKI Jakarta. Letaknya berhadapan langsung dengan Masjid Istiqlal, tempat peribadatan umat islam terbesar di Asia Tenggara.


Keberadaan dua tempat ibadah tersebut kerap menjadi sorotan sebab menggambarkan potret kerukunan beragama. 

Seperti saat Natal ini contohnya, Masjid Istiqlal secara terbuka memberi ruang parkir bagi jemaat gereja yang hendak melangsungkan ibadah, baik pada Malam Natal maupun Hari Raya Natal

Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie mengatakan, sejak dahulu jauh sebelum direnovasi, Istiqlal kerap memberikan tempat untuk setiap perayaan hari besar umat Kristiani. 

Terutama, bagi yang melangsungkan ibadah di Gereja Katedral Jakarta.

"Karena memang kami berdampingan satu sama lain, biasanya juga kami menerima kunjungan-kunjungan kenegaraan pun bersamaan. Jadi begitu selesai dari Istiqlal, lalu meneruskan ke Gereja Katedral," jelas Susyana saat ditemui, di depan Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2022). 

Menurutnya, bantuan kantong parkir yang disediakan Istiqlal selama Natal sangat membantu para jemaat, mengingat pihak gereja menutup akses masuk untuk parkir kendaraan baik motor maupun mobil.

Sehingga pihak Gereja Katedral tak memiliki lahan parkir lagi, lantaran lahannya sudah dimanfaatkan untuk keperluan tenda ibadah.

"Imam Besar Masjid Istiqlal selalu berpesan, bahwa silahkan digunakan untuk kepentingan umat," jelas Susyana. 

Susyana memaparkan, basement Masjid Istiqlal dapat menampung kendaraan sebanyak 700 hingga 800 orang. 

"Bersama ini, kami mewakili Gereja Katedral dan juga Keuskupan Agung Jakarta, menghaturkan banyak terima kasih atas segala atensi dan dukungan dari Imam besar, serta teman-teman dari Badan Pengelola Masjid Istiqlal," tuturnya.

Sementara itu, salah satu jemaat Gereja Katedral Jakarta, Ketty menyampaikan, keberadaan tempat parkir di Masjid Istiqlal sangat memudahkan umat yang hendak beribadah.

Baca juga: Natal 2022: Penumpang Kereta Api di Stasiun Pasan Senen dan Gambir Malah Menurun

Selain itu, kata Ketty, adanya kantong parkir tersebut juga sangat menggambarkan toleransi beragama.

"Ya itu sangat membantu, karena kan parkir di gereja terbatas, jadi parkir di sini (Masjid Istiqlal) sangat membantu," jelas Ketty saat ditemui di Istiqlal.

"Juga secara tidak langsung ini sangat mencerminkan toleransi juga ya, lokasinya juga sebrang gereja," tandasnya.(m40)


Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved