Berita DPRD Kota Bogor

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata Sebut Budaya Sunda Harus Jadi Jati Diri

Dadang Iskandar Danibrata Wakil Ketua DPRD Kota Bogor sebut budaya Sunda harus jadi jati diri urang Sunda.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Humas DPRD Kota Bogor
Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata Sebut Budaya Sunda Harus Jadi Jati Diri 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danibrata sebut budaya Sunda harus jadi jati diri.

Budaya Sunda mulai luntur dari kehidupan urang Sunda. Salah satunya adalah Bahasa Sunda yang mulai tak digunakan oleh generasi milenial.

Sebab itu, DPRD Kota Bogor bersama Pemkot Depok mendorong pemajuan Budaya Sunda. Melalui Reperda tentang Penyelenggaraan Pemajuan Budaya Sunda agar kembali mengakar di masyarakat Sunda. Terutama di Kota Bogor.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto Siap Kawal 16 Usulan Program Pembangunan Kelurahan Cimahpar

Raperda tentang Penyelenggaraan Pemajuan Budaya Sunda juga memperkuat Perda nomor 17 tahun 2019 tentang Cagar Budaya. 

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata dalam diskusi 'Merawat Kebudayaan Lokal' di Argo Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, Bogor Selatan, Kamis (8/12/202).

"Jadi budaya Sunda sangat penting sekali agar urang Sunda memiliki kepribadian yang jelas, karakteristik yang jelas agar budaya kita bisa mencirikan bangsa kita," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata.

Dadang menambahkan bahwa memastikan kelestarian dan perawatan budaya Sunda, Kang DID dengan gamblang menyatakan DPRD Kota Bogor siap bersinergi dengan Pemkot Bogor dan budayawan Kota Bogor.

Menurut Dadang, keseriusan DPRD Kota Bogor dalam pelestarian dan perawatan budaya Sunda sudah ditunjukkan dalam tiga fungsi yang ada di DPRD Kota Bogor.

Pada fungsi legislasi, DPRD Kota Bogor telah menetapkan Perda nomor 17 tahun 2019 tentang Cagar Budaya.

Baca juga: Upaya Merawat Budaya Lokal, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata Ingat Pesan Soekarno

Tidak hanya itu saja, saat ini DPRD Kota Bogor tengah menyusun Raperda tentang Penyelenggaraan Pemajuan Budaya Sunda.

Kemudian dari fungsi anggaran, DPRD Kota Bogor melalui Komisi IV, selalu bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Dinas Sosial (Dinsos), agar anggaran untuk pemeliharaan budaya Sunda bisa dianggarkan didalam APBD Kota Bogor.

"Dalam segi pengawasan, kami selalu mengawasi penggunaan anggaran tersebut agar berjalan efektif dan efisien sekaligus dalam hal pelaksanaan perda," ujar Kang DID sapaan akrab Dadang.

"Kami ingin menjadikan budaya Sunda yang menjadi jati diri kita orang Sunda, bisa terus dilestarikan dan wariskan ke anak cucu kita," tambahnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved