Berita DPRD Kota Bogor

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata Sebut Berbudaya Harus Memiliki Kepribadian

Dadang turut pula menuturkan bahwa DPRD Kota Bogor akan selalu bersinergi dengan pemerintah kota dalam merawat budaya lokal.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Murtopo
TribunnewsDepok.com/Cahaya Nugraha
Acara Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor, digelar di Kampung Agro Eduwisata Organik (AEWO), Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (8/12/2022). 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Dadang Danubrata mengatakan bahwa DPRD Kota Bogor akan selalu bersinergi dengan pemerintah kota dalam merawat budaya lokal.

Hal itu diungkapkan di acara Rangkaian Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor, tepatnya di Kampung Agro Eduwisata Organik (AEWO), Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (8/12/2022).

Di acara bertemakan Merawat Kebudayaan Lokal, ruwat seni budaya sebagai jati diri bangsa yang mandiri dan bermartabat, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Dadang Danubrata mengatakan dirinya teringat dengan pidato Presiden Republik Indonesia pertama, Sukarno pada 17 Agustus 1965 tentang Trisakti.

"Berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan sebagai bentuk revolusi suatu bangsa," ungkap Dadang. 

"Jadi ini sangat penting sekali bahwa kita ini berbudaya harus memiliki kepribadian yang jelas, karakter yang jelas supaya menunjukkan citra diri dari bangsa kita sendiri," sambungnya. 

Dadang turut pula menuturkan bahwa DPRD Kota Bogor akan selalu bersinergi dengan pemerintah kota dalam merawat budaya lokal.

"Sudah kita tunjukkan dengan menjalankan fungsi kami sebagai fungsi legislasi. Dua perda sudah ada mengenai masalah kebudayaan ini," jelas Dadang.

Baca juga: Bima Arya Sebut Jati Diri Kebudayaan Sunda Ada Beberapa Tahapan, dari Identitas Hingga Prilaku

Pertama, Perda cagar budaya no 7 tahun 2019 dan sekarang tentang Pemajuan Kebudayaan Sunda di Kota Bogor

"Tujuannya tidak lain adalah kita ingin kebudayaan Sunda menjadi citra dan jati diri warga Sunda khususnya warga kota Bogor," ungkap Dadang. 

Baca juga: Upaya Merawat Budaya Lokal, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata Ingat Pesan Soekarno

Senada dengan itu, Camat Bogor Selatan, Hidayatullah menyampaikan bahwa seni budaya merupakan dua suku kata yang terpisahkan yang kemudian juga diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

"Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi nilai seni dan budaya. Untuk itu kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari karena ini mencerminkan karakter suatu daerah, karakter bangsa dengan merawat kesenian lokal, budaya lokal," ujarnya.

"Ini adalah sebagai upaya menaikan derajat seni budaya untuk kemaslahatan masyarakat," tutupnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved