Berita DPRD Kota Bogor

Upaya Merawat Budaya Lokal, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Dadang Danubrata Ingat Pesan Soekarno

Politisi PDIP ini menegaskan bahwa DPRD Kota Bogor siap bersinergi dengan Pemkot Bogor dan budayawan Kota Bogor dalam upaya melestarikan budaya Sunda.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Murtopo
Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama
Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata (ketiga dari kiri) dalam acara diskusi ‘Merawat Kebudayaan Lokal’ di Argo Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (8/12/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Wakil Ketua II DPRD Kota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata, mengungkapkan pentingnya merawat budaya lokal bagi eksistensi suatu bangsa.

Hal itu diungkapkan Dadang dalam acara diskusi ‘Merawat Kebudayaan Lokal’ di Argo Edukasi Wisata Organik (AEWO) Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (8/12/2022).

“Budaya ini sangat penting sekali agar kita memiliki kepribadian yang jelas. Karakteristik budaya yang jelas menjadi ciri khas bangsa kita,” ujar Dadang.

Dalam hal merawat dan melestarikan kebudayaan ini, dia teringat akan pidato Presiden Soekarno tentang Trisakti.

"Bung Karno memiliki konsep Trisakti yaitu berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan," kata Dadang.

Politisi PDIP ini menegaskan bahwa DPRD Kota Bogor siap bersinergi dengan Pemkot Bogor dan budayawan Kota Bogor dalam upaya melestarikan budaya Sunda.

“Kami di DPRD siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Bogor dalam merawat kebudayaan lokal,” ungkapnya.

Saat ini DPRD Kota Bogor tengah menyusun Raperda tentang Penyelenggaraan Pemajuan Budaya Sunda.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto Siap Kawal 16 Usulan Program Pembangunan Kelurahan Cimahpar

“Tujuan Perda tersebut adalah kami ingin menjadikan budaya Sunda yang menjadi jati diri kita orang Sunda, bisa terus dilestarikan dan wariskan ke anak cucu kita,” jelas Dadang.

Tak hanya itu, DPRD Kota Bogor juga telah menetapkan Perda nomor 17 tahun 2019 tentang Cagar Budaya.

Sementara dari sisi anggaran, DPRD Kota Bogor melalui Komisi IV terus bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Dinas Sosial (Dinsos) dalam mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan budaya Sunda.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto Sebut APBD 2024 Tetap Memperhatikan Wilayah Kota Bogor

“Kami selalu mengawasi penggunaan anggaran tersebut agar berjalan efektif dan efisien sekaligus dalam hal pelaksanaan perda,” tutur Dadang.

Sebagai infirmasi, diskusi ini digelar dalam rangka merayakan Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor.

Hadir dalam diskusi tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya, anggota DPRD Kota Bogor Sri Kusnaeni,  dan perwakilan budayawan Kota Bogor.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved