Sekda DKI Jakarta

Politisi PDIP Berharap Sekda DKI Jakarta yang Baru Lebih Lincah dari Marullah Matali

Politisi PDIP Gembong Warsono berharap pengganti Marullah Matali adalah figur yang lincah dalam mengemban tugas sebagai Sekda DKI.

Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Ketua Fraksi PDI-Perjuangan DPRD DKI Gembong Warsono berharp pengganti Marullah Matali adalah sosok yang lincah, mengingat jabatan Sekda DKI butuh kelincahan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengaku bahwa ia tidak tahu menahu terkait proses lelang jabatan sekretaris daerah (sekda) di DKI Jakarta.

"Enggak tahu, mau langkah open biding (lelang jabatan) atau promosi biasa. Itu kan yang tahu eksekutif," ujar Gembong saat dihubungi, Jumat (9/12/2022).

Namun demikian, Gembong berharap sosok Sekda DKI Jakarta (definitif) selanjutnya) dapat lebih lincah.

Ia menjelaskan bahwa alangkah lebih baik apabila sekda definitif nantinya dapat membangun komunikasi baik dengan semua pemangku kepentingan, khususnya DKI Jakarta hingga pemerintah pusat.

"Kuncinya di situ. Komunikasi dan koordinasi menjadi hal yang penting supaya bisa melakukan percepatan proses pembangunan Jakarta," jelas Gembong.

Kemudian, Gembong menjelaskan proses lelang jabatan adalah dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengajukan tiga nama kepada presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lalu pilihannya nanti tergantung dati keputusan eksekutif (setelah mendapatkan nama dari Heru).

Baca juga: Politisi PDIP Bela Keputusan Pj Gubernur DKI Jakarta Ganti Posisi Marullah Matali

Saat ditanya tenggat waktu, Gembong menegaskan bahwa lebih cepat proses akan lebih baik.

"Pasti itu, karena kan sekda definitif kerjanya enggak setengah-setengah. Kalau rangkap jabatan seperti sekarang, dapat menganggu kinerjanya," ucap Gembong.

Ia khawatir apabila terlalu lama jabatan sekda dirangkap dengan jabatan lain, maka tidak akan maksimal dalam membangun komunikasi dengan para stakeholders.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pastikan pelantikan sekretaris daerah (sekda) definitif akan segera dilakukan.

Baca juga: Marullah Matali Klarifikasi Polemik Rencana Pelantikan Pj Sekda DKI Jakarta

Hal tersebut usai ia melantik Marullah Matali menjadi Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Diketahui, sebelumnya Marullah mengemban amanah sebagai Sekda DKI Jakarta.

Saat ini, posisi sekda diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto. Di mana ia juga menjabat sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) Setda DKI Jakarta.

"Sementara ini diisi Plt Sekda DKI Jakarta terlebih dahulu. Nanti pelantikan sekda yang definitif, saya sudah tanyakan ke Badan Keuangan Daerah (BKD)," ujar Heru saat ditemui di Lapangan Banteng, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022).

Sekda Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali dicopot Pj Gubernur DKI Jakarta tanpa alasan jelas.
Sekda Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali dicopot Pj Gubernur DKI Jakarta tanpa alasan jelas. (Tribunnews.com)

Sementara ini, Heru menjelaskan bahwa jabatan Sekda DKI Jakarta sedang dalam proses pelelangan (bidding).

Heru menginformasikan bahwa rencana pelantikan Sekda DKI Jakarta kemungkinan akan dilakukan pada Desember 2022 akhir atau Januari 2023 mendatang.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved