Lalu Lintas

Police Smart, 1.000 Polantas Polda Metro Siap Datangi Rumah Warga untuk Cek Fisik Kendaraan

Kombes Latif Usman mengatakan, hadirnya pelayanan Police Smart untuk mengubah pola pikir atau mindset dalam menyelesaikan masalah masyarakat.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/Ramadhan L Q
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman di lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (22/9/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Permasalahan masyarakat, khususnya di bidang lalu lintas, membuat Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menghadirkan pelayanan 'Police Smart'.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, hadirnya pelayanan itu untuk mengubah pola pikir atau mindset dalam menyelesaikan masalah masyarakat.

"Kegiatan Police Smart ini untuk mengubah mindset, yang dulunya masyarakat ada masalah datang ke polisi, tetapi sekarang polisi sebelum masyarakat ada masalah mengetahui dan kita akan menyelesaikan," kata Latif, kepada wartawan pada Jumat (9/12/2022).

Police Smart, tambah dia, diterapkan mulai Jumat malam ini sekira pukul 20.00 WIB dan dilakukan sekaligus dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-73 Polda Metro Jaya. 

Latif mengatakan, pihaknya akan fokus menghadapi permasalahan masyarakat di bidang lalu lintas seperti kesulitan membuat SIM dan lainnya.

"Kami akan fokus ke permasalahan-permasalahan lalu lintas, seperti mereka mengalami kesulitan untuk ujian SIM bagaimana, mereka akan memberi tahu, mereka akan memberikan soal-soalnya memberikan kunci-kuncinya. Berikutnya mungkin masyarakat yang selama ini seperti pajak kendaraan mereka harus datang," katanya.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro Jaya Rekayasa Lalin di Sekitar TMII Antisipasi Kemacetan Dampak Reuni 212

Baca juga: Sejak Tilang Manual Ditiadakan, Ditlantas Polda Metro Jaya Sebut Pengendara Jadi Nekat Melanggar

"Police Smart bisa membantu mendatangi mereka apa kesulitannya, apa permasalahannya, mereka mau balik nama apa kesulitannya mungkin cek fisiknya ya bila perlu. Police Smart akan datang ke sana mengecek fisik kendaraan ke rumah-rumah orang tersebut. Karena mereka itu kita tugasi di setiap kelurahan dan mereka pasti mengenal warga situ diharapkan," tambah dia.

Nantinya, akan ada 1.000 polisi lalu lintas (Polantas) yang disebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Mulai dari Jakarta hingga wilayah penyangga.

"Ya kelurahan 1. Untuk pilot project ini 1.000 polisi lalu lintas yang sudah kita sebar, ada yang di Jakarta, di penyangga Depok, Bekasi, hingga Tangerang," ucap Latif. (m31)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved