Berita Jakarta

Parkir Liar di Kebon Kacang Sudah Berjalan 25 Tahun, Juru Parkir: Bantu Preman Dapat Pekerjaan

Selama puluhan tahun tersebut, sejumlah orang termasuk preman dapat menafkahi dirinya dan keluarga dengan menjadi juru parkir liar

Penulis: Nuri Yatul Hikmah | Editor: Feryanto Hadi
Warta Kota/Nuri Yatul Hikmah
Suasana parkir liar di Jalan Kebon Kacang 30, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Nuri Yatul Hikmah

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA PUSAT – Adrian (41) Juru parkir di sekitar Grand Indonesia (GI), Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengatakan jika kehadiran lahan parkir liar di sekitar area tersebut telah beroperasi selama 25 tahun.

Selama puluhan tahun tersebut, sejumlah orang termasuk preman dapat menafkahi dirinya dan keluarga dengan cara yang halal, yakni menjadi tukang parkir.

"Parkiran motor ini memang liar, tapi kan karena mereka (pihak Grand Indonesia) tidak sanggup menyediakan tempat parkir memadai," ujar Adrian saat ditemui di Jalan Kebon Kacang 30, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022). 

Selain itu, kata Adrian, kehadiran parkir liar tersebut juga berdampak positif bagi orang-orang yang bergantung hidup dari bayaran parkir tersebut. Salah satunya, mengurangi kriminalitas.

"Kami ini hanya mencari uang. Orang beri kami Rp 2.000 juga ikhlas," ujar Adrian.

Baca juga: Pro-kontra Parkir Liar Sekitar Grand Indonesia, Warga: Enggak Ribet, tapi Picu Kemacetan

"Kadang-kadang, orang kasih lebih itu kan berarti rezeki saya. Ada juga orang yang bilang enggak bawa dompet, saya enggak apa-apa, yang penting orang nyaman," sambungnya. 

Adrian menyampaikan, biasanya ia menerima uang parkir sebesar Rp 5.000. Uang tersebut digunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Pasalnya, hanya dari tempat tersebutlah dirinya memperoleh penghasilan. 

"Di sini, saya bawahannya pak RW 04, kalau ada yang hilang, motornya kami ganti. Tapi sampai sekarang, alhamdulillah enggak ada kriminalitas," jelasnya.

Baca juga: Tiru Tanah Abang, Sky Bridge Bakal Dibangun di Sekitar Grand Indonesia untuk Atasi Parkir Liar

Menurut Adrian, keberadaan parkir liar tersebut dikarenakan fasilitas lahan parkir yang disediakan GI tidak memadai.

Sehingga, untuk mengantisipasi membludaknya jumlah kendaraan, dibukalah lahan parkir. 

"Semua itu tergantung situasi dan kondisi. Jadi dari manajemen GI itu bekerja sama dengan pak RW agar menyanggupi adanya lahan parkir jika pengunjung banyak," ujar Adrian. 

Sementara itu, saat ditanyai terkait rencana relokasi lahan parkir oleh Dinas Perhubungan (Dishub), Adrian mengaku ikut pada aturan yang berlaku

Parkir liar di sekitar GI, Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).
Parkir liar di sekitar GI, Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022). (Warta Kota/Nuri Yatul Hikmah)
Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved