Gempa Bumi

Beri Bantuan Hingga Rp60 Juta, Jokowi: Warga Cianjur Harus Bangun Rumah Tahan Gempa!

Setelah mendapatkan bantuan dana perbaikan rumah, Jokowi minta warga Cianjur membuat rumah tahan gempa.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
Warta Kota/Irwan Wahyu Kintoko
Satu unit mobil terlihat rusak setelah terjepit rumah yang roboh akibat gempa bumi yang mengguncang di Kampung Babakan Gasol, Desa Gasol, Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Setelah mendapatkan bantuan dana perbaikan rumah, Jokowi minta warga Cianjur membuat rumah yang kontruksinya tahan gempa.

Kata Jokowi, pemerintah akan memberi pendampingan dari Kementerian PUPR pembangunan rumah warga yang hancur karena gempa.

Hal itu Jokowi ungkapkan saat memberikan bantuan dana perbaikan rumah akibat gempa ke 8100 KK di Cianjur.

Jokowi mengimbau agar warga hati-hati dalam membangun kontruksi rumah. Warga harus mengikuti aturan yang sudah digariskan oleh Kementerian PUPR.

Apabila tidak mengerti, warga bisa bertanya langsung ke Kementerian PUPR terkait rumah tahan gempa.

“Rumahnya pun hati-hati kontruksi, ikuti apa yang sudah digariskan Kemen PU yakni rumah yang tahan gempa ada kontruksinya seperti apa tolong ditanyakan mudah tapi harus ditanyakan,” jelas Jokowi di Cianjur seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden Kamis (8/12/2022).

Baca juga: Jokowi Lebihkan Sedikit Bantuan Gempa Cianjur, Rumah Rusak Berat Dapat Rp60 Juta

Jokowi mengingatkan bahwa warga Indonesia harus sadar betul hidup di tanah yang dikelilingi cincin api. Di mana setiap saat gempa berpotensi akan datang kapan saja dan di mana saja baik Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT dan seterusnya.

Maka dari itu, mulai kini warga harus sadar untuk membuat rumah yang aman yakni tang tahan dengan gempa bumi.

Apabila warga membutuhkan bantuan untuk pembangunan, maka pemerintah akan mengerahkan TNI dan Polri untuk membantu warga membangun kembali rumah yang rusak berat.

Saat ini, dari data yang dipegang Jokowi ada 50 ribu lebih bangunan di Cianjur yang rusak karena gempa. Angka tersebut termasuk bangunan publik seperi sekolah, rumah ibadah, rumah sakit, dan gedung-gedung pemerintahan.

Maka bantuan dana gempa untuk 8100 KK akan dievaluasi lagi. Satu bulan lagi, Jokowi akan kembali menengok Cianjur untuk melakukan evaluasi dan menengok perbaikan pascagempa.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved