Berita Jakarta

Stok Vaksin di Kramat Jati Sudah Ada, Lansia 60 Tahun ke Atas Diimbau Segera Vaksin Booster Kedua

Inda Mutiara menuturkan stok vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan yang sebelumnya sempat menipis kini sudah tersedia untuk melayani warga.

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Peserta vaksinasi Covid-19 booster kedua sedang melakukan pendataan vaksin di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (6/12/2022). 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Yolanda Putri Dewanti

WARTAKOTALIVE.COM KRAMAT JATI -- Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur telah membuka layanan vaksinasi Covid-19 booster kedua untuk warga lanjut usia (lansia) yang termasuk kelompok rentan terpapar Covid-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara menuturkan stok vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan yang sebelumnya sempat menipis kini sudah tersedia untuk melayani warga.

"Begitu mendapatkan regulasi atau surat dari Kemenkes dari 22 November 2022 kemarin, kami langsung membukanya (booster kedua lansia) pada 27 November 2022. Antusiasnya saat itu luar biasa dalam sehari lansia yang divaksin booster kedua dengan memenuhi syarat ada 300 orang lebih," ucap Inda di lokasi, Selasa (6/12/2022).

Inda melanjutkan, untuk sekarang vaksin Covid-19 yang tersedia di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati yakni jenis Pfizer, penggunaannya untuk usia 12 tahun hingga warga lansia.

Adapun vaksin Pfizer yang tersedia di Puskesmas Kelurahan dan Kecamatan ini dapat digunakan baik untuk warga yang baru menjalani dosis satu dan dua, maupun dosis booster pertama dan kedua.

Tak hanya di Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan, selama bulan November hingga Desember pada hari Sabtu dan Minggu pihaknya juga membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Lippo Kramat Jati.

Baca juga: Warga DKI Jakarta yang Vaksin Booster Pertama 70 Persen, Dinkes Mengaku Harus Lebih Genjot

"Adapun sasaran seluruhnya untuk lansia kami ada sekitar 250.000 orang. Lalu, untuk dosis satu booster sudah mencapai sekitar 50 persen. Mudah-mudahan tercapai karena tujuannya untuk melindungi," ucap dia.

Meski demikian, Inda tetap mengimbau warga khususnya lansia untuk segera vaksinasi booster kedua.

Lantaran, animo lansia untuk vaksinasi booster kedua tak terlalu membludak seperti vaksinasi booster yang pertama.

"Saat ini sudah seminggu lebih untuk vaksin booster kedua lansia, animo masyarakat belum terlalu membludak. Padahal pada intinya kami berikan prioritas, lansia tidak antre seperti peserta vaksin umum yang lain. Jadi, ini tugas kami untuk bagaimana menggerakkan pesertanya dengan selalu berkoordinasi camat dan lurah," tutup dia.

Berdasarkan pantauan Wartakotalive.com, peserta vaksinasi Covid-19 mulai berdatangan ke Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Mayoritas peserta yang datang remaja, dewasa, hingga lansia.

Berbeda-beda pada vaksinasi Covid-19 booster kedua lansia yang diadakan Minggu (27/11/2022) dengan tema Vaksinasi Week, peserta lansia yang datang membludak.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved