Polisi Tembak Polisi

Putri Candrawathi Mohon Sidangnya Tertutup Karena Terkait Kekerasan Seksual

Putri Candrawathi memohon agar persidangannya sebagai saksi dan terdakwa digelar tertutup karena terkait kekerasan seksual

Penulis: Nurmahadi | Editor: Budi Sam Law Malau
Istimewa
Kolase Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan Putri Candrawathi. Putri Candrawathi memohon persidangan dirinya dalam pembunuhan Brigadir J dilakukan tertutup 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Terdakwa pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Putri Candrawathi melalui kuasa hukumnya Arman Hanis memohon kepada Majelis Hakim agar persidangan pemeriksaan Putri Candrawathi dilakukan secara tertutup.

Sebab, kata Arman, persidangan tersebut nantinya akan menyangkut dengan tindakan kekerasan seksual

"Kami ajukan permohonan agar pemeriksaan Ibu Putri sebagai saksi maupun terdakwa dapat dilakukan secara tertutup yang mulia karena menyangkut tindakan kekerasan seksual," kata Arman kepada Majelis Hakim, Selasa (6/12/2022).

Akan tetapi Majelis Hakim tidak bisa mengabulkan permohonan tersebut, karena Putri Candrawathi didakwa dengan tindak pidana pembunuhan berencana, bukan tindak asusila.

"Mengenai tertutup kami tidak bisa memgabulkan karena terdakwa didakwa oleh JPU dengan tindak pidana pembunuhan berencana dan bukan asusila," jawab Majelis Hakim.

Meski begitu, Arman Hanis tetap ngotot dengan menjelaskan dasar hukum berdasarkan buku pedoman mengadili perkara perempuan yang disusun Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Besok, Bharada E Berhadapan Dengan Ferdy Sambo di Sidang Pembunuhan Brigadir J

Dalam buku pedoman tersebut, tertera saksi yang memberikan keterangan terkait kekerasan seksual dapat dilakukan pemeriksaan secara tertutup.

"Itu dasar hukumnya ada Yang Mulia. Bukan hanya tindak pidana kekerasan seksual," kata Arman.

Usai memberikan dasar hukum, akhirnya Majelis Hakim mempertimbangkan permohonan Arman.

Sehingga Hakim menunda persidangan saksi terdakwa Putri Candrawathi yang harusnya esok diundur menjadi Senin (12/12/2022) mendatang.

Baca juga: Sidang Pembunuhan Brigadir J Hari Ini, 5 Saksi Dihadirkan untuk Terdakwa Ferdy Sambo dan Putri

Diketahui, sidang lanjutan Ferdy Sambo cs akan dilanjutkan esok hari dengan agenda pemeriksaan saksi terdakwa Ferdy Sambo atas terdakwa Kuat Ma'ruf, Ricky Rizal, dan Bharada E

"Kalau begitu kita rubah dulu untuk besok yang kita periksa adalah saudara Ferdy Sambo dulu. baru hari Seninnya kita jadwalkan untuk saudara putri candrawathi," ucap Hakim Ketua, Wahyu Iman Santosa. 

Bharada E berhadapan Ferdy Sambo Besok

Ketua Majelis Hakim persidangan kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Wahyu Iman Santoso mengatakan dalam sidang lanjutan Rabu (7/12/2022) besok, agar Ferdy Sambo dihadirkan menjadi saksi untuk terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved