Berita DPRD Kota Bogor

Jenal Mutaqin Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Ajak Warga untuk Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin ajak warga untuk memenuhi Hak Penyandang Disabilitas.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Humas DPRD Kota Bogor
Jenal Mutaqin Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Ajak Warga untuk Memenuhi Hak Penyandang Disabilitas 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Jenal Mutaqin Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ajak warga untuk memenuhi Hak Penyandang Disabilitas.

DPRD Kota Bogor bersama Pemkot Bogor telah menerbitkan Perda No 2 Tahun 2022. Perda tersebut tentang Penyelenggaran Perlindungan Disabilitas Kota Bogor.

Dalam rangka Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor digelar diskusi publik dengan tema "Melihat Yang Tidak Terlihat" menjadi salah satu rangkaian acara Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) tingkat Kota Bogor yang digelar di Koffie by Sahara, di Kecamatan Bogor Timur, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor: Raperda Pinjol Bisa Atasi Keluhan Warga dari Jeratan Pinjol 

Hadir dalam diskusi tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin.

Jenal Mutaqin mengatakan, hak-hak penyandang disabilitas di Kota Bogor telah tertuang di Perda No 2 Tahun 2022.

Sebab itu, ia mengajar warga Kota Bogor untuk mengimplementasikan Perda tersebut. Apalagi turuan payung hukum dari Perda itu sudah ditetapkan melalui Peraturan Wali Kota Bogor.

Pada pasal 2 Perda No 2 Tahun 2022 disebutkan bahwa mewujudkan penghormatan dan pemenuhan hak asasi manusia serta kebebasan dasar Penyandang Disabilitas secara penuh
dan setara.

Kemudian menjamin upaya penghormatan dan pemenuhan hak sebagai
martabat yang melekat pada diri Penyandang Disabilitas. Lalu, mewujudkan taraf kehidupan Penyandang Disabilitas yang lebih berkualitas, adil, sejahtera lahir dan batin, mandiri, serta bermartabat;

Kemudian melindungi Penyandang Disabilitas dari eksploitasi, pelecehan, dan segala tindakan diskriminatif, serta pelanggaran hak asasi manusia, dan memastikan pelaksanaan upaya penghormatan dan pemenuhan hak Penyandang Disabilitas untuk mengembangkan diri.

Selain itu juga mendayagunakan seluruh kemampuan sesuai bakat dan minat yang dimilikinya untuk menikmati, berperan serta berkontribusi secara optimal, aman, leluasa, dan bermartabat dalam segala aspek kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

"Jadi saya minta kepada seluruh warga untuk memberikan masukannya agar pertemuan ini bisa memberikan manfaat dan tanpa disengaja ini adalah wasilah bagi kita semua agar bisa memberikan kebijakan terbaik," ujar Jenal Mutaqin.

Baca juga: Setelah RDP DPRD Kota Bogor, Pansus Raperda Pemajuan Kebudayaan Sunda Rapat dengan Dinas Terkait

Menurut JM, adanya peraturan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, maka anggaran yang digelontorkan oleh Pemerintah Kota Bogor dan disetujui oleh DPRD Kota Bogor, dapat bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Satu rupiah APBD Kota Bogor harus bisa bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat," tegas JM.

Jenal menyatakan bahwa bahwa saat ini DPRD Kota Bogor bersama Pemkot Bogor masih membahas Raperda tentang HAM Kota Bogor.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved