Pj Gubernur DKI Jakarta

DKI Jakarta Siap Jadi Tuan Rumah MGMAC 2023 dan Dukung Keketuaan Indonesia ASEAN 2023

DKI Jakarta Siap Menyelenggarakan MGMAC 2023 dan Mendukung Keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023

PPID DKI Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama dengan Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta, Marulina Dewi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Setelah ditetapkan sebagai tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital /MGMAC 2023 dalam kegiatan MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (2/12/2022) lalu, Jakarta kini bersiap menyelenggarakan MGMAC 2023

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan respon positif atas penyerahan keketuaan tuan rumah penyelenggaraan tersebut dalam Rapat Pimpinan yang berlangsung Senin (5/12/2022) kemarin.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah DKI Jakarta, Marulina Dewi menjelaskan bahwa Heru telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Pak Heru memberikan instruksi supaya kami melakukan persiapan terbaik dalam mendukung penuh keketuaan Indonesia dalam acara ASEAN 2023 dan peran Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023," ujar Dewi dilansir dari PPID DKI Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Heru Budi Hartono Pastikan Ketersediaan Stok Komoditas Pangan Terjaga Jelang Nataru

Dewi menginformasikan, jajaran Pemprov DKI Jakarta telah membentuk tim untuk mempersiapkan Jakarta sebagai tuan rumah ASEAN 2023 dan MGMAC 2023

Ia memastikan pihaknya juga akan intens berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Sekretariat ASEAN dan lembaga lainnya.

Hal tersebut supaya dapat memastikan persiapan berjalan selaras dengan pemerintah pusat dan berjalan baik.

"Sebelumnya, keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 telah diserahkan oleh PM Kerajaan Kamboja Hun Sen kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam acara ASEAN Summit pada tanggal 13 November 2022," jelas Dewi.

Baca juga: Kegiatan Hari Riset dan Inovasi Eropa ASEAN 2022 Akan Fokus Bahas Transisi Hijau dan Digital

Kemudian, keketuaan tuan rumah MGMAC 2023 dari Phnom Penh ke DKI Jakarta telah diserahkan oleh Gubernur Phnom Penh, Khuong Sreng kepada Kepala Biro Kerja Sama Daerah, Marulina Dewi sebagai perwakilan dari DKI Jakarta. 

Selain itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak; dan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto sebagai perwakilan Republik Indonesia, turut menerima penyerahan tuan rumah ASEAN Mayors Forum (AMF) 2023 dari Kamboja.

Sebagai informasi, MGMAC sendiri merupakan suatu forum yang diprakarsai oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013. 

Forum tersebut merupakan wadah bagi gubernur dan wali kota dari ibu kota negara-negara ASEAN untuk membahas tantangan dan solusi permasalahan urban, sekaligus menjadi sarana memperkuat kolaborasi di antara kota-kota tersebut. (m36)

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved