Breaking News:

Libatkan 1,9 juta Relawan, World Cleanup Day Kumpulkan 3.770.953,96 kilogram Sampah

World Cleanup Day Indonesia (WCDI) melibatkan 1.907.738 relawan yang ada di 34 provinsi di Indonesia dengan mengumpulkan 3.770.953,96 kilogram sampah.

Istimewa
World Cleanup Day Indonesia (WCDI) melibatkan 1.907.738 relawan yang ada di 34 provinsi di Indonesia dengan mengumpulkan 3.770.953,96 kilogram sampah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - World Cleanup Day Indonesia (WCDI) menggelar aksi bersih-bersih serentak di Indonesia selama dua pekan 10-25 September 2022 secara daring dan secara luring pada 18 September 2022.

Leader WCD Indonesia Andy Bahari mengatakan World Cleanup Day salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara membersihkan planet bumi.

Bahari menambahkan pada kesempatan kali ini WCDI memberi apreasiasi dan pelaporan kegiatan WCD 2022 dimana ada 8.302 titik cleanup yang dibuka di seluruh Indonesia.

“Melibatkan 1.907.738 relawan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, World Cleanup Day berhasil mengumpulkan sebanyak 3.770.953,96 kilogram sampah,” ujarnya, berdasar keterangan, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Tertabrak hingga Masuk Kolong Mobil, Seorang Anggota TNI Tewas di Jalan Dewi Sartika

World Cleanup Day yang digelar pada tahun ini merupakan tindak lanjut seiring dengan redanya kondisi pandemi, aksi yang di berbagai daerah mulai bertransisi diadakan kembali secara luring.

“Dalam 2 tahun terakhir aksi cleanup serentak ini lebih banyak dari rumah karena situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM di sejumlah daerah di Indonesia,” katanya.

Aksi serentak tim inti WCDI terdiri dari berbagai usia, suku, dan agama di berbagai tempat di Indonesia, seperti sekolah, kampus, gedung perkantoran dan pemerintahan, gunung, sungai, tepi pantai, hutan mangrove hingga dasar laut.

Selain aksi cleanup, para leaders mengadakan kegiatan bakti lingkungan lainnya, di antaranya edukasi pemilahan sampah, pemanfaatan sampah organik untuk eco-enzyme, dan parade busana hasil kreasi daur ulang.

Baca juga: Marullah Matali Tegaskan Pemprov DKI Jakarta Patuhi PPKM Level Satu Jelang Nataru

Gerakan WCD bertujuan untuk menyatukan komunitas global dan meningkatkan kesadaran serta melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat.

“Gerakan sosial ini adalah sebagai pelopor dalam membersihkan planet bumi dari banyak aktivitas-aktivitas yang merusak planet bumi,” ucapnya.

Kesuksesan kegiatan WCDI pada tahun ini juga tidak luput dari dukungan jajaran pemerintah di tingkat provinsi hingga kota/kabupaten yang telah membersamai leaders di daerah.

Sebagai penutup, berakhirnya kegiatan WCDI tahun ini bukan akhir aksi yang dapat dilakukan bagi lingkungan melainkan jadi momen refleksi untuk terus melakukan lebih banyak aksi baik terhadap lingkungan kedepannya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved