Berita DPRD Kota Bogor

Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor: Raperda Pinjol Bisa Atasi Keluhan Warga dari Jeratan Pinjol 

Raperda Pinjol diharapkan bisa atasi keluhan warga dari jeratan Pinjol. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor: Raperda Pinjol Bisa Atasi Keluhan Warga dari Jeratan Pinjol  

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor: Raperda Pinjol bisa atasi keluhan warga dari jeratan Pinjol.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor kini sedang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pencegahan Dampak Pinjol, Renternir dan Bank Keliling.

Untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait raperda ini, Pansus (Panitia Khusus) Raperda Pinjol telah menggelar rapat dengar pendapat (RDP) beberapa waktu lalu.

Baca juga: Setelah RDP DPRD Kota Bogor, Pansus Raperda Pemajuan Kebudayaan Sunda Rapat dengan Dinas Terkait

Terkait hal ini, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto mengungkapkan raperda ini diusulkan setelah banyaknya aduan masyarakat yang merasa resah terkait dampak negatif keberadaan pinjol dan rentenir.

"Banyak warga yang mengeluhkan fenomena korban bank keliling, rentenir, dan pinjol," kata Atang, Senin (5/12/2022).

Dengan bunga yang tinggi, lanjut dia, pinjol telah menjerat warga dan menimbulkan masalah sosial, ekonomi, hingga rumah tangga.

"Ada banyak warga menyampaikan keluhannya terkait pinjol ini saat reses pimpinan dan anggota DPRD Kota Bogor," ucapnya.

Untuk itu, DPRD Kota Bogor mengajukan raperda inisiatif tentang Perlindungan dan Pencegahan Dampak Pinjol, Renternir dan Bank Keliling

"Masalah serius ini perlu dicarikan solusi dan DPRD mengusulkan Raperda Usul Prakarsa ini," tutur Atang.

Terpisah, pimpinan Pansus Raperda Pinjol Angga Alan Surawijaya mengungkapkan ada banyak masukan dari masyarakat dalam RDP beberapa waktu lalu.

"Masukan masyarakat terutama soal kondisi di lapangan tentang maraknya pinjol, bank keliling dan sebagainya. Praktek ini meresahkan masyarakat serta sebagian besar meminta menertibkan lembaga-lembaga ini," ujarnya.

Baca juga: Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor Bagi-bagi Telur Ayam ke Posyandu di Tegal Gundil

Dia memastikan aduan dan masukan dari masyarakat ini akan ditindaklanjuti dengan memastikan peraturan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Kita akan tindaklanjuti sesuai kewenangan yang dimiliki Pemkot Bogor. Kita akan bahas di rapat selanjutnya bersama Pemkot Bogor," jelas Angga.

Angga juga memastikan bahwa Raperda tentang Pinjol ini akan diharmonisasikan dengan peraturan yang ada di tingkat pemerintah pusat.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved