Jaktour Fasilitasi Festival Dayung Ciliwung 2022 Sepanjang Dua Kilometer

PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) atau biasa disebut JXB (Jakarta Experience Board) memfasilitasi Festival Dayung Ciliwung 2022 sejauh dua kilometer.

Dok. PPID DKI Jakarta
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono melepas 80 perahu kano di Sungai Ciliwung dalam ajang Festival Dayung Ciliwung 2022, Minggu (4/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) atau yang biasa disebut JXB (Jakarta Experience Board) memfasilitasi Festival Dayung Ciliwung 2022 yang dilepas Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Minggu (4/12/2022).

Sebanyak 80 perahu kano dilepas di Sungai Ciliwung dari segmen Pasar Rumput sampai Dermaga BNI City sejauh dua kilometer.

Direktur Utama JXB Novita Dewi mengatakan, ajang ini diadakan di JXB Bike Lounge, yang merupakan aset perseroan.

Novita mengaku turut bangga, badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pariwisata itu bisa ikut berkontribusi dalam Festival Dayung Ciliwung 2022.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Berikut Link Live Streaming dan Prediksi Susunan Pemain Prancis vs Polandia

“Kami merasa senang, JXB Bike Lounge dapat dimanfaatkan untuk kelancaran Festival Dayung Ciliwung. Ke depan, JXB Bike Lounge juga akan membangun dermaga di depan kawasan JXB Bike Lounge, sehingga JXB Bike Lounge dapat langsung diakses dari kali Ciliwung,” kata Novita berdasar keterangan dari PPID DKI Jakarta, Minggu (4/12/2022). 

“Hal ini menjadi bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata kawasan air dan pengoptimalan kali Ciliwung yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta,” lanjutnya.

Menurut dia, JXB Bike Lounge merupakan fasilitas yang dirancang untuk pesepeda serta masyarakat umum, dengan fasilitas kamar mandi smart glass, area UMKM, area berkumpul, loker dan area parkir sepeda.

Fasilitas ini juga dibangun dengan semangat untuk menciptakan ruang ketiga baru di Jakarta, yang dapat memfasilitasi aktivasi ruang publik seperti acara hari ini.

Baca juga: DKI Jakarta Resmi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Perhelatan ASEAN Mayors Forum 2023

“JXB Bike Lounge dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi smart glass yaitu kaca yang akan berubah menjadi buram ketika dimasuki pengguna. JXB Bike Lounge saat ini masih tahap finalisasi dan rencananya akan dibuka untuk publik dalam waktu dekat,” ucapnya.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono melepas 80 perahu kano di Sungai Ciliwung dalam ajang Festival Dayung Ciliwung 2022, pada Minggu (4/12/2022).

Puluhan perahu itu bertolak dari segmen Rusun Pasar Rumput sampai dermaga Stasiun BNI City.

Heru mengatakan, pemerintah daerah mendukung segala kegiatan olahraga dan pembinaannya.

Kegiatan yang digagas Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap olahraga dayung.

Saat itu, Heru bersama Basuki yang juga menjadi Ketua Umum PODSI itu ikut menyusuri sungai sepanjang dua kilometer.

Heru berharap kegiatan festival ini dapat mempopulerkan olahraga dayung, dan meningkatkan kesadaran masyarakat Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung.

“Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga,” ujar Heru berdasarkan keterangan dari PPID DKI Jakarta pada Minggu (4/12/2022). (faf)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved