Berita Jakarta

Jakarta Barista League 2022 Ajang Tingkatkan Kompetensi Barista yang Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif

Menjadi wadah tingkatkan kompetensi Barista di Jakarta Barista League 2022. Barista salah satu penggerak ekonomi kreatif.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Jakarta Barista League 2022 Ajang Tingkatkan Kompetensi Barista yang Jadi Penggerak Ekonomi Kreatif 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Jakarta Barista League 2022 ajang tingkatkan kompetensi Barista yang jadi penggerak ekonomi kreatif.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta berkerja sama dengan komunitas Jakarta Coffee Experience menggelar festival dan kompetisi barista yang bertajuk Jakarta Barista League 2022, bertempat di Urban Forest Jakarta, 3 – 4 Desember 2022. 

Bertujuan meningkatkan kompetensi barista tanah air, serta lebih mengangkat sosok barista sebagai salah satu profesi penggerak sektor ekonomi kreatif, agenda berskala nasional ini juga mewadahi kolaborasi berbagai jenama dari para pegiat kopi nusantara. 

Baca juga: Barista Pekerjaan yang Bisa Dongkrak Ekonomi Kreatif dan Industri Kopi

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, Jakarta Barista League 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terhadap industri kopi tanah air.

“Kali ini, kita wujudkan dalam kegiatan kolaborasi antara Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan para pelaku industri kreatif yang berkecimpung langsung di dalam sektor ini. Kita ketahui, pertalian antara industri kopi dengan sektor ekraf makin erat dengan makin berkembangnya ngopi sebagai bagian dari gaya hidup,” kata Andhika.

Ia juga menyampaikan apreasiasi dan harapan terkait terkait ajang tersebut.

Perkembangan yang  dirasakan dalam industri kopi tanah air tentu tak lepas dari kerja keras dan inovasi yang terus diupayakan dari hulu ke hilir.

Profesi barista salah satunya, merupakan penggerak sektor ekonomi kreatif.

"Kita berharap, Jakarta Barista League 2022 dapat memberikan warna baru dalam kompetisi barista pada tingkat nasional, dapat bersifat kontinu, dan nantinya semoga dapat membawa nama harum barista Indonesia di mata dunia,” paparnya. 

Sementara Andiko Budarto selaku Ketua Panitia Jakarta Barista League 2022 menyatakan bahwa ajang kompetisi barista merupakan salah satu sarana untuk memacu kreativitas para barista dalam terus berinovasi dan meningkatan kemampuan. 

Baca juga: Canter Sangaji Boyong Ribuan Orang dari Jakarta Timur ke Semarang Ikuti Senam Tera

Tak hanya agar seduhan kopi yang dihasilkan makin nikmat dan bervariasi sehingga berujung pada kepuasan pelangan, melainkan juga agar kemampuan para barista tanah air dapat lebih bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional,

“Kita semua berbesar hati karena mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov DKI dalam penyelenggaraan Jakarta Barista League 2022 ini. Selaras dengan berkembangnya industri kopi nusantara, peningkatan kompetensi para barista pun perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak,” papar Andiko.

Rangkaian kegiatan Jakarta Barista League 2022, lanjutnya, juga dapat menjadi ajang pertemuan komunitas pengusaha dan peminat kopi, sekaligus sarana edukasi terkait kopi bagi para audiens. 

Kian maraknya tren menikmati kopi sebagai salah satu gaya hidup, tempat ngopi sebagai lokasi bertemu, serta makin banyaknya pecinta kopi, memang memunculkan banyak pergerakan positif dalam industri kopi tanah air.

Baca juga: Kecam Pencopotan Marullah, Fadli Zon Minta Heru Budi Tahu Diri: Pj Gubernur Bukan Pilihan Rakyat !

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved