Berita Jakarta

Festival Dayung Ciliwung 2022, Upaya Populerkan Olahraga Dayung dan Pemeliharaan Sungai

Festival Dayung Ciliwung 2022 diselenggarakan PB PODSI Minggu (4/12/2022) pagi menyusuri Sungai Ciliwung dari Pasar Rumput hingga dermaga Stasiun BNI

PPID DKI Jakarta
Pemprov DKI adakan Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu (4/12/2022) pagi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung segala kegiatan olahraga dan pembinaannya.

Salah satunya adalah Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu (4/12/2022) pagi. 

Kegiatan yang digagas Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap olahraga dayung. 

Kegiatan dayung dimulai dari sungai di sekitar Rusun Pasar Rumput, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI sekaligus Ketua Umum PB PODSI, Basuki Hadimuljono secara simbolis melepas perahu dayung (80 perahu kano).

Baca juga: Heru Budi Hartono Pastikan Poyek Sodetan Kali Ciliwung Bakal Beroperasi Februari 2023

Pemprov DKI adakan Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu (4/12/2022) pagi.
Pemprov DKI adakan Festival Dayung Ciliwung 2022 pada Minggu (4/12/2022) pagi. (PPID DKI Jakarta)

Setelah itu, Heru bersama Basuki turut menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung sekitar dua kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

Heru berharap melalui kegiatan festival tersebut selain untuk mempopulerkan olahraga dayung, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat DKI Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, khususnya Sungai Ciliwung.

Baca juga: Kolaborasi Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat Normalisasi Kali Ciliwung

"Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset milik kita, harus dijaga," ujar Heru dilansir dari PPID DKI Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Ia berharap, melalui Festival Dayung di Sungai Ciliwung dapat menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. 

Heru meyakini sungai yang bersih dapat dimanfaatkan untuk banyak kepentingan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai sarana olahraga dan wisata air.

Lebih lanjut, Heru menyambut baik atas dipilihnya Sungai Ciliwung sebagai tempat untuk mempopulerkan cabang olahraga dayung.

Baca juga: Gotong Royong Bersihkan Sungai Ciliwung, Dinas LH Jakarta: Terus Mengalami Penurunan Kualitas

Sebagaimana diketahui, Sungai Ciliwung telah menjadi saksi sejarah berkembangnya Kota Jakarta, sumber air baku warga Jakarta. 

Sehingga keberadaannya harus dipelihara dengan baik dan dapat juga dikelola sebagai upaya pengendalian banjir di Kota Jakarta.

"Apresiasi juga kami sampaikan kepada PB PODSI yang telah menginisiasi kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 ini dalam rangka mempublikasikan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022," ucap Heru. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved