DKI Jakarta Resmi Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Perhelatan ASEAN Mayors Forum 2023

Provinsi DKI Jakarta ditetapkan jadi tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital (MGMAC) 2023 saat MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kamboja.

Wartakotalive/Angga Bhagya Nugraha
Provinsi DKI Jakarta ditetapkan jadi tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital (MGMAC) 2023 saat MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kamboja. (Ilustrasi) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023) dalam kegiatan MGMAC 2022 di Phnom Penh, Kerajaan Kamboja, Jumat (2/12/2022).

MGMAC 2022 merupakan pertemuan gubernur dan wali kota dari ibu kota-ibu kota negara-negara ASEAN. Pertemuan MGMAC tahun ini dilaksanakan dalam rangkaian acara ASEAN Mayors Forum (AMF 2022).

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, pemimpin delegasi Provinsi DKI Jakarta, yaitu Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Setda Provinsi DKI Jakarta, Marulina Dewi membuka sesi Mayor's Discussion MGMAC 2022.

Marulina memaparkan transformasi Jakarta dalam bidang transportasi, pelayanan publik dan kota digital, serta menyatakan bahwa komitmen Jakarta dalam menciptakan perubahan-perubahan tersebut untuk mendukung kolaborasi pemerintah lokal ASEAN dalam membangun visi ASEAN Connectivity.

Baca juga: Piala Dunia 2022: Hadapi Polandia, Prancis Sukses Patahkan Rekor Tren Negatif Juara Bertahan PD

Marulina juga menyatakan kesiapan Jakarta untuk menyambut dan menjadi mitra kolaborasi bagi pemerintah-pemerintah daerah di ASEAN.

“Dengan bekerja sama dalam kerangka ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin terus berbenah untuk mewujudkan visi Jakarta yang berkelanjutan dan layak huni. Sebagai Kota Kolaborasi, Jakarta menyambut inisiatif kerja sama dari mitra lokal dan internasional untuk mengembangkan kota sebagai tempat tinggal yang lebih baik,” kata Marulina berdasarkan keterangan dari PPID DKI Jakarta pada Minggu (4/12/2022).

“Kami mendukung terlaksananya pertukaran pengetahuan, pengalaman, serta praktik pengembangan, baik dalam pembangunan perkotaan di antara ibu kota ASEAN,” lanjut Marulina.

Marulina juga menerima penyerahan tuan rumah MGMAC 2023 dari Gubernur Phnom Penh, selaku tuan rumah tahun MGMAC 2022.

Baca juga: Zulkifli Hasan Mulai Terang-terangan Endorse Ganjar Pranowo, PPP Masih Emoh Tentukan Sikap Politik

Pada kesempatan tersebut, Marulina menyampaikan Provinsi DKI Jakarta mengundang gubernur, wali kota, serta pemimpin daerah di ASEAN untuk berpartisipasi pada MGMAC 2023 di Jakarta.

MGMAC dirintis oleh Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013.

MGMAC adalah wadah bagi para pemimpin ibu kota negara-negara ASEAN untuk mendiskusikan gagasan dan praktik pengembangan, serta sebagai mekanisme untuk memperkuat kolaborasi di antara kota-kota tersebut.

Pada tahun ini, MGMAC diketuai oleh Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng (Kamboja), dan dihadiri oleh sejumlah gubernur, wali kota, serta pejabat tinggi, di antaranya adalah Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt (Thailand), Wali Kota Nay Pyi Taw, Tin Oo Lwin (Myanmar), Direktur Urusan Komunitas Sekretariat ASEAN Lee Yoong Yoong, dan Sekretaris Jenderal UCLG-ASPAC, Bernadia Irawati Tjandradewi. (faf)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved